Cari Talenta Ilmuwan, UINSA-UiTM Malaysia Gelar Kompetisi Ilmiah Internasional

  • 06 Juli 2022 01:15:26
  • Views: 5

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Indonesia bekerja sama dengan University Teknologi MARA (UiTM), Malaysia menyelenggarakan kompetisi bertaraf internasional bertajuk UINSA International Young Scientist Competition (UIYSC) “International Competition on Science and Technology for Young Student Scientists.

“UIYSC 2022 diikuti oleh 165 pendaftar dan 50 tim dinyatakan sebagai finalis yang berasal dari 18 institusi, kata Yuanita Rachmawati, ketua UIYSC 2022, Minggu (3/7/2022).

Yuanita mengatakan, acara yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu-Minggu (2-3 Juli 2022) merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan beberapa bulan lalu mulai dari sosialisasi dan pendaftaran peserta hingga acara puncak penganugerahan juara.

UIYSC-2.jpg

Pada Sabtu (2/7/2022), makalah yang terpilih dipresentasikan secara virtual dihadapan para juri internasional. Sedangkan pengumuman lomba dan penganugerahan juara disampaikan pada Minggu (3/7/2022).

UIYSC merupakan salah satu kompetisi yang memfasilitasi kreativitas siswa dan mahasiswa di berbagai negara untuk berinovasi dan menampilkan karya mereka dari berbagai disiplin keilmuan yang dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Kompetisi ini diikuti pelajar tingkat sekolah (SMP-SMA) sampai mahasiswa S1 dari berbagai negara dan membentuk tim (2-5 anggota). Tiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya dari beberapa sub tema yang dilombakan.

Yuanita menyebutkan bahwa UIYSC  juga berasosiasi dengan 10 institusi dengan mengirimkan judges antara lain Universiti Teknologi MARA (UiTM MARA) Cabang Perlis, Malaysia, Universiti Malaysia Pahang, International Islamic University Malaysia, Shaikh Zayed University of Afghanistan, GENBINESIA Foundation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Al-Ahqaf of Yaman, ML Consultant of Germany, Kumamoto University of Japan, Edinburgh University of Scotland.

Yuanita juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada inisiator UIYSC, Prof Dr Evi Fatimatur Rusydiyah MAg, semua finalis, para judges, partners, dan semua anggota yang telah membantu terlaksananya UIYSC sehingga dapat berjalan dengan lancar.

UIYSC-3.jpg

Dan Special Award Dean Award: Hygea (SMA Tunas Mekar Indonesia, Bandar Lampung), Rector UiTM MARA Grand Award: Yolov5nsmlx (Matematika, UIN Sunan Ampel Surabaya), Rector UIN Sunan Ampel Surabaya Grand Award: UiTM Team (Fakultas Computer and Mathematical Sciences, Universitas Teknologi MARA) dan Best Supervisor: Dian Candra Rini Novitasari MKom (5 tim).

“Penilaian ini murni dari para juri, kita panitia hanya merekap dan mengumumkan saja. Selanjutnya hadiah penghargaan dalam bentuk medali emas, perak, dan perunggu serta tropi penghargaan akan diposkan ke alamat peserta masing-masing, kata Yuanita yang juga dosen biologi FST UINSA ini.

Rangkaian acara ini diawali dengan International Seminar UINSA International Young Scientist dengan tema “Futuring the Islamic Integration on Science and Technology for Young Scientist dengan pembicara Ass. Prof. Sukhor (UiTM MARA) Perlis Malaysia berbicara tentang Manajemen Pengelolaan Sampah yang terintegrasi, dan Pembicara kedua Habib Syauqi Al Muhdhar LC MA. Berbicara tentang Fikih Manazil dan Islam tetap bisa menjawab problematika-problematika sosial. Dan M Yunan Fahmi MT dari UIN Sunan Ampel Surabaya berbicara tentang pembuatan sistem propagasi air laut.

Prof Akh. Muzakki, Rektor UINSA Surabaya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyampaikan selamat datang utuk peserta lomba UIYSC2022.

Sedangkan Dekan FST Dr Asep Saipul Hamdani menyampaikan bahwa acara ini merupakan acara rutin unggulan FST UINSA untuk mencari para talenta calon akademisi dan ilmuwan di masa mendatang. Berikut para peraih Gold Medal UIYSC 2022: https://drive.google.com/file/d/1Kaj51uASrnt7X_L-CjSU8oukqmrC3-ci/view?usp=sharing. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/417334/cari-talenta-ilmuwan-uinsauitm-malaysia-gelar-kompetisi-ilmiah-internasional

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/417334/cari-talenta-ilmuwan-uinsauitm-malaysia-gelar-kompetisi-ilmiah-internasional
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, Telegram,
ministries MA,
institutions UIN, UIN Sunan Ampel Surabaya,
religions Islam,
products emas,
nations Indonesia, Malaysia, Yaman,
places JAWA TIMUR, LAMPUNG, SULAWESI SELATAN,
cities Bandar Lampung, Edinburgh, Surabaya,