Kota Tangsel dan Bekasi akan Menerapkan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

  • 05 Juli 2022 21:19:13
  • Views: 6

MerahPutih.com - Dalam waktu dekat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kota Bekasi akan mengikuti jejak DKI Jakarta dalam menerapkan uji emisi kendaraan bermotor.

Sekarang ini, tengah dilaksanakan kerjasama pada memorandum of understanding (MoU) bersama antara Jakarta dengan Tangsel dan Bekasi.

Baca Juga:

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, PSI Minta Pemprov Perbanyak Uji Emisi Gratis

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Asep Kuswanto menargetkan MoU sudah ditandatangani pada akhir bulan Juli mendatang. Bila MoU tersebut sudah sampai tahap kesepakatan maka dua kota penyangga Jakarta ini akan bisa menyediakan bengkel uji emisi dan melaksanakan uji coba uji emisi.

Kami dalam waktu dekat akan bersepakat dengan Kota Bekasi dan Tangerang Selatan khusus masalah iklim ini. Kita berkolaborasi dam penyediaan sarana-sarana prasarana untuk iklim ini, salah satunya kita kerja sama untuk uji emisi, ujar Asep Kuswanto, Jakarta Selasa (5/7).

Anak buah Gubernur Anies Baswedan ini menuturkan, perluasan uji emisi di daerah penyangga ini tidak terlepas dari rencana Pemerintah DKI bersama Polda Metro Jaya yang akan menerapkan kebijakan larangan perpanjangan STNK bagi kendaraan belum lulus uji emisi.

Baca Juga:

Terjerat Kasus Manipulasi Uji Emisi, Fiat Chrysler Didenda Rp 4,3 Triliun

Penerapan itu akan kami coba juga ke kota-kota sekitar Jakarta. Diharapkan paling tidak di dua kota tersebut, kita bisa mulai bekerja sama mulai menyamakan, menyatukan persiapan. Sehingga, pelaksanaan uji emisi bisa secara terpadu kita lakukan, papar Asep.

Menurut Asep, kota seperti Bekasi dan Tangerang Selatan memang perlu dilibatkan. Mengingat, kedua daerah penyangga itu juga masuk dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya. Jadi, nantinya akan ada satu kesatuan data antara Jakarta dengan keduanya terhadap pemberlakuan uji emisi, yang tidak terlepas dari pajak kendaraan.

DKI kan bekerja sama untuk meminta nomor kendaraannya, sehingga nantinya untuk perpanjangan STNK sudah terkoneksi antara data uji emisi dengan data nomor kendaraan masing-masing, ungkap.

Setelah kerja sama penyediaan sarana terkait iklim dengan Tangerang Selatan dan Bekasi diimplementasikan, Asep berharap kerja sama seperti ini juga bisa terjalin pada seluruh daerah di Jabodetabek hingga Cianjur. (Asp)

Baca Juga:

Kenali 4 Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan


https://merahputih.com/post/read/kota-tangsel-dan-bekasi-akan-menerapkan-uji-emisi-kendaraan-bermotor

Sumber: https://merahputih.com/post/read/kota-tangsel-dan-bekasi-akan-menerapkan-uji-emisi-kendaraan-bermotor
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies ADA,
ministries Polda Metro Jaya,
parties PSI,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi, Cianjur, Jabodetabek, Tangerang,