Awas, Buang Sampah Sembarang di Terowongan Kendal Bakal Ditangkap Petugas Patroli

  • 05 Juli 2022 19:25:39
  • Views: 5

Awas, Aktivitas di Terowongan Kendal. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto memastikan akan menindak warga membuang sampah sembarangan di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat. Pernyataan ini seiring peningkatan volume sampah di kawasan tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Asep mengatakan, sebelum menindak warga, Dinas Lingkungan Hidup bersama Satpol PP terlebih dahulu mengingatkan warga sekitar agar tidak membuang sampah sembarangan.

taboola

Kita sosialisasikan, kita tegur, kemarin kita juga sudah koordinasi dengan Pak Satpol PP DKI, dan mudah-mudahan sudah bisa ada (petugas di Terowongan Kendal). Awalnya kita mengimbau, tapi nanti akan ada penindakan, ujar Asep di Kawasan Ancol, Selasa (5/7).

Asep menyampaikan, pihaknya telah menerima laporan terkait peningkatan volume sampah di Terowongan Kendal. Setelah diamati, peningkatan tersebut karena banyak warga menghabiskan waktu di sana dan mengabaikan kebersihan lingkungan.

2 dari 3 halaman

Terjunkan Petugas Kebersihan

Dia juga menuturkan, pekan ini Dinas Lingkungan Hidup akan menerjunkan petugas untuk memastikan kawasan Terowongan Kendal tetap bersih.

Dalam pekan ini, kita coba taruh petugas di sana untuk menyosialisasikan kebersihan. Karena memang ya walaupun tempat kumpul, yang kumpul di sana juga peduli lah, paling enggak buang sampah. Letakkan sampah pada tempatnya, begitu, ujar dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya menanggapi soal maraknya muda-mudi Citayam yang berkumpul di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, termasuk di Terowongan Kendal yang viral baru-baru ini.

Menurut Riza, hal tersebut disebabkan karena anak-anak dalam masa libur sekolah. Riza menyebut mereka datang ke Jakarta menggunakan layanan kereta untuk sampai ke Dukuh Atas.

Mereka mungkin mencari rekreasi hiburan, melihat Kota Jakarta yang semakin bersih, semakin menarik, tentu kami mengapresiasi, kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Riza menyatakan tidak mempersalahkan hal tersebut. Sebab, bagi dia siapa pun dapat dan diperbolehkan ke Jakarta.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata Baru Ibu Kota

Semenjak 'glowing' Terowongan Kendal bak magnet. Ada saja warga yang tertarik berkunjung. Bahkan, tidak sedikit mereka yang jauh-jauh datang dari Bogor, rela menempuh jalan panjang agar bisa berswafoto di sana.

Saya penasaran. Kalau hari biasa commuter padat orang kerja, kalau sekarang weekend tetap padat sih, cuma mendingan, kata Ratna yang memboyong dua buah hatinya dari Bogor.

Jarak antara Terowongan Kendal dan Stasiun Sudirman memang dekat. Hanya 5 meter.

Di ujung terowongan dari pintu keluar Stasiun Sudirman, bisa langsung akses ke Halte MRT Dukuh Atas BNI dan KA Bandara BNI City.

Jika dahulu area Terowongan Kendal nampak suram penerangan, bising akibat derap kaki melangkah diiringi sahutan driver ojek online serta kebersihan yang kurang terjaga.

Kini, Terowongan Kendal nampak berbeda. Lebih artistik, tertata rapih serta seakan bernyawa. Nyawa berasal dari guratan kuas yang membuahkan mural di sepanjang tembok dalam Terowongan Kendal.

Tak lagi nampak deretan driver ojek online. Mereka disediakan area tersendiri. Sejumlah aktivitas sosial pun kerap digelar.

Seperti saat merdeka.com mendatangi lokasi, ada aksi sosial dari Dompet Dhuafa dalam rangka memperingati ulang tahun ke-29. Kegiatan yang dilakukan yaitu, mengedukasi masyarakat dalam berqurban. Mengingat sebentar lagi Hari Raya Idul Adha.

Kita juga sekalian ada gathering dengan karyawan, donatur, penerima manfaat dompet dhuafa, sambil berolahraga juga, ucap Faqih, salah salah satu panitia acara

Kegiatan ini berlangsung dari pagi ya, tadi sambil kita juga sambil mensosialisaikan kegiatan berqurban dan juga ke pejalan kaki di terowongan kendal, sambungnya.

Tidak jauh dari lokasi dompet dhuafa, terdapat aksi sosial lainnya. Kali ini dari Difabis BAZNAS yang bekerja sama dengan Jakprenur mensosialisaikan makna berqurban.

Tak ketinggalan sejumlah UMKM yang menyuguhkan dagangan mereka berupa kudapan ringan dan minuman kekinian.

Nampak, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) yang berjaga di sekitar terowongan untuk pengamanan. [gil]

Baca juga:
Memotret Akhir Pekan di Terowongan Kendal yang Makin Kekinian
Tugu Monas Sudah Bisa Diakses, Yuk Simak Cara Masuknya Berikut Ini
Wisata Ramah Anak di Jakarta, Murah dan Mudah Dijangkau
Catat, Ini Jadwal & Syarat Masuk Monas saat Uji Coba Pembukaan
Penikmat Bus Wisata Transjakarta Capai 56.811 Orang Saat Libur Lebaran
Monas akan Kembali Dibuka Hari Ini, Dimulai dari Kawasan Luar Tugu
Monas Kembali Dibuka Secara Bertahap


https://www.merdeka.com/jakarta/awas-buang-sampah-sembarang-di-terowongan-kendal-bakal-ditangkap-petugas-patroli.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/jakarta/awas-buang-sampah-sembarang-di-terowongan-kendal-bakal-ditangkap-petugas-patroli.html
Tokoh





Graph

Extracted

persons A Riza Patria, Sudirman,
companies ADA, Dompet Dhuafa,
ministries Polisi, Satpol PP,
bumns Baznas, BNI, TransJakarta,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
fasums Monas,
products MRT, ojol, UMKM,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Ancol, Bogor, Dukuh, Kendal,