Bos Lembaga Zakat Bergaya Hedonisme, Kemenag: Sakiti Umat Islam!

  • 05 Juli 2022 18:46:55
  • Views: 12

JAKARTA -Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor mengingatkan kepada semua pengurus BAZNAS maupun LAZ untuk menghindari perilaku hidup hedonisme karena dapat menyakiti hati umat Islam.

(Baca juga: Gempar Penyelewengan Dana Umat, Anak Buah Menteri Risma Panggil Bos ACT)

Seperti menunjukkan hidup yang bermewah-mewahan karena akan menimbulkan persepsi buruk dari publik, kata Tarmizi dikutip dalam laman resmi Kemenag, Selasa,(5/7/2022).

Pelaksana Harian (Plh.) Dirjen Bimas Islam ini mengatakan Kementerian Agama hanya mempunyai kewenangan tentang izin operasional terhadap lembaga pengelola dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) atas dasar surat rekomendasi dari BAZNAS.

Sementara dalam kasus lembaga ACT yang saat ini jadi sorotan publik, adalah wewenang dari Kementerian Sosial yang mengeluarkan izin mereka, ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya terus berupaya untuk memberikan jaminan keamanan terhadap pengelolaan dana ZIS yang dilakukan BAZNAS dan LAZ melalui audit kepatuhan syariah.

Hal ini dilakukan agar jangan ada lagi penyelewengan dana ZIS yang telah dipercayakan oleh umat kepada lembaga pengelola zakat, tutup dia.

Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) diduga melakukan penyelewengan dana umat. Bahkan, Presiden ACT Ibnu Khajar juga mengakui hal tersebut.

Namun ia mengklaim, bahwa apa yang dilakukan pihaknya tidak sewenang-wenang mengambil dana infak sodaqoh yang telah diamanahi oleh masyarakat. Menurutnya, dana yang diambil ACT adalah sebesar 13,7% dan telah sesuai syariat.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/05/337/2624103/bos-lembaga-zakat-bergaya-hedonisme-kemenag-sakiti-umat-islam?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/05/337/2624103/bos-lembaga-zakat-bergaya-hedonisme-kemenag-sakiti-umat-islam?page=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ibnu Khajar, Tarmizi, Tri Rismaharini,
companies ADA, Dana,
ministries Kemenag,
bumns Baznas,
organizations PERSEPSI,
ngos ACT,
religions Islam,
topics BOS,
events Zakat Fitrah,
products Syariah,
places DKI Jakarta,
musicclubs IZ*ONE,