Bukan Kader PDIP, Stafsus Setneg Ungkap Alasan Penunjukan Tito Karnavian Jadi Menpan RB Ad Interim

  • 05 Juli 2022 15:37:59
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ad interim menggantikan Tjahjo Kumolo, pada 4 Juli 2022.

Perintah tersebut tertuang dalam surat Menteri Sekretariat Negara Nomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Dalam surat tersebut, Tito akan menjadi Menpan RB selama 12 hari, yakni dari tanggal 4 Juli 2022 hingga 15 Juli 2022.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mengatakan penjunjukkan Tito Karnavian menjadi Menpan RB adalah demi menjaga fusi pemerintahan tetap berjalan.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Minions 2: The Rise of Gru di Bioskop Bandung Hari Ini

Ad interim ini bulan Plt, biasanya kalau ada kunjungan luar negeri seorang menteri sakit, dan berhalangan lainnya, selalu ada ad iterim. Tujuannya menjaga fungsi pemerintahan tetap berjalan dalam periode yang sangat terbatas, kata Faldo, dikutip dari Antara.

Faldo mengatakan hingga saaat ini Jokowi belum menunjuk Menpan RB karena masih dalam suasana berduka.

Saat ini kita semua masih dalam suasana berduka. Kita harus sensitif, yang paling penting semua fungsi pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Kami pastikan itu, kata Faldo.

Sebagaimana diberitakan, Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Jenazahnya dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada sore harinya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014924048/bukan-kader-pdip-stafsus-setneg-ungkap-alasan-penunjukan-tito-karnavian-jadi-menpan-rb-ad-interim

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014924048/bukan-kader-pdip-stafsus-setneg-ungkap-alasan-penunjukan-tito-karnavian-jadi-menpan-rb-ad-interim
Tokoh











Graph

Extracted

persons Faldo Maldini, joko widodo, Pratikno, Tito Karnavian, Tjahjo Kumolo,
companies ADA,
ministries Kemendagri, Kemenpan RB,
parties PAN, PDIP,
fasums TMP Kalibata,
places JAWA BARAT,
cities bandung, Kalibata,