Inflasi Korea Selatan Cetak Rekor Tertinggi Dalam Kurun Waktu 24 Tahun Terakhir

  • 05 Juli 2022 15:06:47
  • Views: 5

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Inflasi Korea Selatan pada bulan Juni mencapai level tertinggi sejak krisis keuangan Asia yang terjadi lebih dari dua dekade lalu.

Data menunjukkan pada Selasa (5/7/2022) indeks harga konsumen tumbuh sedikit lebih cepat dari perkiraan, yakni sebesar 6,0 persen pada bulan Juni dibandingkan tahun sebelumnya, sekaligus yang tertinggi sejak November 1998.

Sementara data lain menunjukkan cadangan devisa menyusut paling besar sejak akhir 2008.

Baca juga: Inflasi Melonjak, Jerman Catat Defisit Perdagangan Bulanan Pertama Sejak 1991

Ekonom dan pakar pasar Korea Selatan menepis bahwa negara tersebut yang jatuh ke dalam krisis seperti yang terjadi beberapa kali di masa lalu.

Tetapi beberapa dari mereka juga memperingatkan pemerintah dan bank sentral yang saat ini sedang menghadapi masa sulit.

Pembuatan kebijakan akan menjadi semakin sulit karena mereka memiliki campuran risiko inflasi naik dan risiko pertumbuhan ekonomi turun yang terus berlanjut untuk saat ini, kata Park Seok-gil, seorang analis di JPMorgan Chase Bank.

Angka inflasi yang tinggi memperkuat kasus kenaikan suku bunga kebijakan bank sentral sebesar 50 basis poin yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kerentanan Korea Selatan terhadap guncangan eksternal terjadi akibat ketergantungan yang besar pada perdagangan luar negeri dan arus modal lintas batas, yang juga telah membuatnya berada di bawah tekanan dengan meningkatnya dana yang keluar dari pasar saham lokal dan turunnya nilai won.

Mencerminkan ketegangan, premi credit default swap (CDS) bertenor lima tahun negara itu telah melonjak 30,57 basis poin dan saat ini menjadi 52,54, tertinggi sejak hari-hari awal pandemi Covid-19 pada awal 2020.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/inflasi-korea-selatan-cetak-rekor-tertinggi-dalam-kurun-waktu-24-tahun-terakhir

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/inflasi-korea-selatan-cetak-rekor-tertinggi-dalam-kurun-waktu-24-tahun-terakhir
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, YouTube,
topics Pasar saham,
products won,
nations Jerman, Korea Selatan,
cities Seoul,
cases covid-19,