Sekjen IBSW : Revitalisasi HKTI Untuk Kesejahteraan Petani Indonesia

  • 05 Juli 2022 14:36:08
  • Views: 6

PIKIRAN RAKYAT - Rakernas DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) telah berlangsung pada tanggal 1-2 Juli 2022 lalu bertempat d Discovery Hotel Ancol. Berbagai gagasan program yang mengemuka dalam Rakernas tersebut mendapat tanggapan dari Varhan Abdul Azis Sekjen Indonesian Bureaucracy & Service Watch (IBSW). Begitu pula revitalisasi organisasi HKTI yang dinilai semakin menyentuh rakyat banyak khususnya kaum tani.

Lebih lanjut Varhan meyakini bahwa restrukturisasi dalam periode kedua ini akan menghasilkan langkah yang lebih akseleratif.

Sekjen HKTI yang baru Achmad Baiquni adalah mantan Dirut Bank BNI dapat membawa Anggota di seluruh Indonesia pada keterbukaan akses perbankan dan program manajerial ekonomi tani yang lebih baik. Ditambah Bendahara Umum HKTI Mayjen TNI Purn Bachtiar Utomo yang juga Sekjen Kwarnas Pramuka dapat menggiring kreatifitas program maksimal HKTI kedepan, yakinnya.

“Disamping itu masuknya pengusaha yang merupakan kepercayaan Ketua Umum HKTI Pak Moeldoko , Taufik Ridha sebagai Ketua Bidang Usaha UMKM dan Usaha Tani diyakini dapat membuat para petani bisa menerima manfaat peran HKTI secara maksimal, ungkap Varhan.

Ia menyampaikan bahwa Di kepengurusan HKTI periode ini, Moeldoko telah berhasil merealisasikan pelantikan kepengurusan beberapa DPD HKTI Provinsi. Seperti DPD Jatim, DPD Sultra, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Riau, Bangka Belitung dan DKI Jakarta. Selain itu LSO HKTI seperti Pemuda Tani, Perempuan Tani dan LBH HKTI terus dilantik lengkap dan melebarkan sayap ke seluruh Indonesia, pujinya.

Hal yang menarik yang Varhan cermati pada model Persuasi Moeldoko terhadap upaya menghidupkan Pertanian Indonesia melalui HKTI adalah, bagaimana mantan Panglima TNI ini mengajak dapat bertani tanpa harus selalu terstigma berlumpur2. Bpk Moeldoko telah membuka paradigma baru mengenai Dunia Tani yang menarik, menghasilkan, mensejahterakan dan menjadi gaya hidup yang keren, sehingga banyak kalangan pemuda, masyarakat perkotaan pun bergabung tani bersama HKTI, sergahnya.

Baca Juga: Diserang 9 Makhluk Gaib, Ruben Onsu Dihantui Teror Kematian hingga Kegagalan Rumah Tangga

Ia sepakat dengan arahan Moeldoko mengenai kesiapan kaum Tani menghadapi era Industri 5.0 yang memerlukan kesiapan penggunaan teknologi yang semakin maju. Visi beliau terhadap Pertanian berbasis digital yg dibuktikan dengan kerjasama2 HKTI dengan startup, serta stakeholder berbasis teknologi adalah cara berfikir yang sesuai jaman dan mengajak Petani Indonesia berakselerasi melalui pengetahuan masa depan. Jelas Varhan

Varhan juga mengapresiasi gaya kepemimpinan dalam Periode Kedua Kepemimpinan Jenderal Moeldoko. Tidak salah beliau disebut Panglima Tani. Istilah ini merupakan gaya egaliter beliau dalam lingkungan sipil, walupun demikian kedekatan, keakraban dan hubungan tanpa sekat beliau terlihat nyata didalam rakernas lalu. Hal ini nampak dari interaktifitas beliau dengan para kader yang aktif menggali masukan2, pujinya.


https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-014923575/sekjen-ibsw-revitalisasi-hkti-untuk-kesejahteraan-petani-indonesia

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-014923575/sekjen-ibsw-revitalisasi-hkti-untuk-kesejahteraan-petani-indonesia
Tokoh







Graph

Extracted

persons Abdul Azis, Moeldoko, Ruben Onsu,
ministries BPK, DPD, TNI,
bumns BNI,
products startup, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, KALIMANTAN TIMUR, KALIMANTAN UTARA, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG, RIAU,
cities Ancol, Bangka,
cases teror,