Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja, BLK Purbalingga Adakan Uji Kompetensi

  • 05 Juli 2022 14:05:21
  • Views: 11

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Tidak kurang dari 16 peserta  pelatihan Kejuruan Garmen Apparel mengikuti Uji Kompetensi kerja bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BBPLK Semarang, , Senin (4/07/2022). Uji kompetensi yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) Purbalingga  itu untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Purbalingga.

“Sertifikasi kompetensi merupakan pemberian sertifikat melalui uji kompetensi yang sesuai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Sertifikat diterbitkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah diberi lisensi, tutur Assesor Kompetensi Kerja dari LSP BBPLK Semarang, Rafiq Anwar.

Peserta pelatihan di BLK akan mendapatkan dua sertifikat. Yakni sertifikat pelatihan yang diterbitkan BLK Purbalingga dan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan LSP. Sertifikasi kompetensi merupakan salah satu cara untuk melakukan standarisasi sebuah profesi dan merupakan lambang dari sebuah profesionalisme.

“Setelah mengikuti uji kompetensi, peserta yang kami rekomendasikan kompetensinya berhak mendapatkan sertifikat kompetensi yang diterbitkan BNSP. Ini merupakan pembuktian mereka, capaian mereka, jadi ketika di dunia industri nanti, mereka akan lebih diakui karena sertifikat yang dikeluarkan BNSP ini tarafnya diakui secara nasional, ujar Rafiq Anwar.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) BLK Purbalingga, Bambang Purwito menyebutkan, BLK berfungsi sebagai wadah kegiatan pelatihan untuk mendukung calon tenaga kerja agar lebih siap, lebih berkualitas dan berkompeten. Dengan pelatihan itu, tenaga kerja Purbalingga diharapkan bisa bersaing di dunia kerja maupun berwirausaha.

BLK Purbalingga memiliki beberapa kejuruan yang dapat dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikannya.Kejuruan itu meliputi TIK (Program pelatihan  Practical Office Advance dan Desain Grafis), Teknik Otomotif (Program pelatihan service sepeda motor injeksi), Teknik Las (Program pelatihan Plate Welder SMAW 2G/PA) , Garmen Apparel (Program pelatihan Asisten Pembuat Pakaian), Teknik Refrigerasi (Teknik AC), Tata Kecantikan dan Tata Boga.

“Program sertifikasi kompetensi turut berkontribusi dalam meningkatkan serapan tenaga kerja, lulusan BLK yang mengikuti sertifikasi memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan, ujarnya.  (Rus)


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/tingkatkan-kualitas-tenaga-kerja-blk-purbalingga-adakan-uji-kompetensi/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/tingkatkan-kualitas-tenaga-kerja-blk-purbalingga-adakan-uji-kompetensi/
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BNSP,
topics SKKNI,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Banyumas, Purbalingga, Semarang,
transportations sepeda,