Animo Transmigrasi Tinggi, Kuota Terbatas

  • 05 Juli 2022 13:06:03
  • Views: 10

BANTUL, KRJOGJA.com – Sampai saat ini animo masyarakat di Kabupaten Bantul untuk mengikuti program transmigrasi masih cukup tinggi, tetapi kuota pemberangkatan terbatas, sehingga para calon transmigran harus antre atau menunggu kuota dengan waktu cukup lama.

Menurut Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja ( Disnakertrans) Bantul Tirul Widilatuti SIP, Selasa (5/7), daftar calon transmigrasi dari Bantul hingga tahun 2022 ini ada sekitar 70 KK . Sedangkan kuota pemberangkatan rata- rata hanya sekitar 10 KK sampai 15 KK setiap tahun.

Untuk tahun 2022 ini Bantul mendapat jatah pemberangkatan transmigran sebanyak 15 Kk dengan tujuan 2 lokasi di Kalimantan, ada yang di daerah Paser dekat calon lokasi ibu kota Nusantara dan 3 lokasi di Sulawesi, diantaranya di daerah Mamuju dan Raimuna.

“Diharapkan bulan Juli 2022 sudah harus diberangkatkan sesuai arahan dari pusat. Jadi tinggal menunggu surat pemerintah pemberangkatan dari pusat, papar Tirul.

Untuk persiapan pemberangkatan, petugas Disnakertrans Bantul sudah melakukan penjajagan di lokasi tujuan, untuk melihat tempat dan lahan pertaniannya, yang dinyatakan sudah siap untuk ditempati.Termasuk sudah berkoordinasi dengan pemerintah DIY.

Juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada calon transmigran yang akan diberangkatkan, agar mereka benar-benar siap menghadapi kehidupan di pemukiman baru.

Sementara fasilitas dari pemerintah yang diberikan kepada transmigran, diantaranya dari Pemkab Bantul uang transpot Rp 10 juta untuk setiap KK. Dari pemerintah pusat mendapat jaminan hidup selama 1 tahun bagi yang menempati lahan kering dan 1,5 tahun yang menempati lahan basah.

Sedangkan jatah lahan yang ditempati untuk tempat tinggal dan pekarangan 1 ha, yang berupa lahan usaha pertanian 1 ha. Sehingga rata – rata setiap KK mendapatkan jatah 2 ha per KK.

Calon transmigran asal Bantul ketika mendaftarkan diri, banyak yang memilih daerah tujuan Sumatra dan Kalimantan. Pendidikan calon transmigran ada yang sarjana atau S1, D3, maupun SMA . “Sekarang peminat transmigrasi tidak hanya yang berpendidikan SMA, tetapi yang berpendidikan sarjana mulai tertarik untuk bertransmigrasi, pungkas Tirul. ( Jdm)


https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/bantul/animo-transmigrasi-tinggi-kuota-terbatas/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/bantul/animo-transmigrasi-tinggi-kuota-terbatas/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
places DI YOGYAKARTA, KALIMANTAN TIMUR, SULAWESI BARAT,
cities Bantul, Mamuju,