ACT Pamer WTP Berturut-turut di Tengah Isu Penyelewengan Dana Umat

  • 05 Juli 2022 11:52:47
  • Views: 2

Selasa, 5 Juli 2022 - 11:17 WIB

VIVA Nasional – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjadi perbincangan masyarakat dalam beberapa waktu terakhir. Sebab, lembaga filantropi ini diduga melakukan penyelewengan dana umat.

Presiden ACT, Ibnu Khajar tidak secara gamblang menepis isu tersebut. Namun, ia mengungkap bahwa audit laporan keuangan lembaga ini selalu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari auditor di Badan Pemeriksa Keuangan.

Kata Ibnu, pihaknya selalu disiplin dalam melakukan audit keuangan setiap tahunnya. Bahkan, opini WTP ini didapatkan ACT secara berturut-turut sejak tahun 2005 sampai 2020 lalu. 

Sampai tahun 2020, ACT mendapat predikat WTP. Ini tentunya menjadi poin penting karena opini ini (bukti) penting bahwa lembaga berjalan baik, kata Ibnu dalam konferensi pers, Senin, 4 Juli 2022 kemarin.

Melalui opini WTP itu, Ibnu menegaskan kondisi lembaga termasuk keuangan operasional di dalamnya berjalan dengan baik. Bahkan, di tahun 2020 lalu, ACT berhasil menyalurkan dana bantuan kemanusiaan sebesar Rp519 miliar ke 8,5 juta jiwa.

Penyaluran dana kemanusiaan dan audit laporan  keuangan ini kata Ibnu sudah dipublikasikan melalui website resmi ACT. Hal tersebut dapat dilihat langsung masyarakat luas sebagai bentuk transparansi keuangan lembaga.

Laporan keuangan di tahun 2005 sampai 2020 yang sudah teraudit dan meraih opini WTP ini sudah dipublikasikan di website. Sebagai bentuk transparansi, bebernya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1493471-act-pamer-wtp-berturut-turut-di-tengah-isu-penyelewengan-dana-umat

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1493471-act-pamer-wtp-berturut-turut-di-tengah-isu-penyelewengan-dana-umat
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ibnu Khajar,
companies Dana,
ministries BPK,
ngos ACT,