Jumlah Sekolah Negeri Masih Minim, Jateng Buka Kelas Virtual

  • 05 Juli 2022 11:19:52
  • Views: 4

MerahPutih.com - Jumlah sekolah tingkat atas negeri di Kota Solo, Jawa Tengah, masih sangat sedikit. Bahkan, penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK Tahun 2022 dengan sistem zonasi dinilai tidak merata. Hal itu diketahui setelah Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih saat berkunjung ke Kota Solo.

Tercatat, lima kecamatan di Solo, hanya Kecamatan Pasar Kliwon yang tidak ada memiliki sekolah menengah atas negeri. Alhasil, calon siswa harus mencari sekolah sampai keluar daerah Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga:

Libur Sekolah Waktunya Mengasah Kecakapan Hidup Bersama Anak

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah Suratno membenarkan adanya membuka kelas SMAN virtual. Kelas virtual di Jawa Tengah ada di tiga tempat, yakni Brebes, Boyolali, dan Solo.

Tujuannya untuk memperluas akses anak mendapatkan sekolah. Terutama bagi siswa yang orangtuanya kurang mampi sehingga anaknya berisiko tidak sekolah, kata Suratno, Senin (4/7).

Suratno mengatakan, kelas virtual di Solo tahun ini baru dilaksanakan khusus di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon. Hal ini karena di wilayah ini belum ada SMKN dan SMAN.

Ada kebijakan untuk masyarakat Pasar Kliwon calon peserta didik nanti bisa masuk di kelas virtualnya SMAN 2 Solo. Yang tidak diteterima PPDB online bisa ikut kelas khusus ini, katanya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tidak menampik adanya kelas khusus tersebut. Ia mengakui persoalan di Pasar Kliwon ini muncul saat diberlakulan zonasi sekolah.

Kita dukung kelas SMAN 2 Solo virtual karena ini merupakan solusi jangka pendek, kata Gibran.

Ia menyerahkan sepenuhnya solusi ini pada Pemprov Jateng, mengingat status sekolah SMAN/SMKN di daerah sudah diambil alih pemprov. Untuk solusi jangka panjang, Pemkot telah menyediakan lahan Pasar Ayam Mojo atau tanah eks HP 6 Semanggi untuk membuka SMAN 2 Cabang Pasar Kliwon.

Kalau kedua tanah itu tidak cukup atau kurang luas, kita sudah siapkan lahan lain, ungkapnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

Tahun Ajaran Baru, Tips Orangtua agar Anak Tidak Malas Sekolah


https://merahputih.com/post/read/jumlah-sekolah-negeri-masih-minim-jateng-buka-kelas-virtual

Sumber: https://merahputih.com/post/read/jumlah-sekolah-negeri-masih-minim-jateng-buka-kelas-virtual
Tokoh



Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka,
companies ADA,
ministries Ombudsman,
topics PPDB,
places JAWA TENGAH,
cities Boyolali, Brebes, Solo, Sukoharjo,
animals Ayam,