Sinyal Resesi AS, CELIOS Beri Lima Saran Kebijakan Ini Untuk RI

  • 05 Juli 2022 11:07:05
  • Views: 4

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sinyal ekonomi Amerika Serikat (AS) akan mengalami resesi menguat usai Federal Reserve AS menaikkan suku bunga 75 basis poin untuk menekan lonjakan inflasi.

Resesi di AS akan berdampak terhadap perekonomian Republik Indonesia (RI). Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira memaparkan, sejumlah saran kebijakan yang perlu dilakukan.

Pertama, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) perlu melakukan beberapa hal dalam jangka pendek. Di antaranya, melakukan stress test terhadap perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lain terutama berkaitan dengan dampak resesi di AS.

Baca juga: Analis: Suku Bunga The Fed dan Ancaman Resesi Biang Kerok Rupiah Jatuh Hampir Rp 15.000/USD

Keluarnya modal asing, dan kenaikan suku bunga yang eksesif (Fed rate naik >4 kali setahun), ujar Bhima dalam keterangannya, Selasa (5/7/2022).

Bhima menyarankan, agar segera menaikkan suku bunga 50 bps sebagai langkah pre-emptives hadapi tekanan inflasi di semester ke II 2022. Lalu, memperbaiki jaring pengaman sistem keuangan terutama skenario Bail in.

Tambah negara mitra LCS (local currency settlement) dan beri insentif lebih besar bagi pelaku usaha ekspor agar menukar devisa dolar dengan rupiah. Tingkatkan serapan investor domestik dalam SBN (Surat Berharga Negara) untuk cegah volatilitas akibat keluarnya investor asing di pasar obligasi, tutur Bhima.

Kedua, ucap Bhima, ketiga pemain utama harus berada didepan yakni, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Keuangan. Sinergi antar ketiganya dinilai penting. Hubungan fiskal-moneter, lanjut Bhima, harus kompak.

Jangan ada ego sektoral yang hambat harmonisasi kebijakan, ucap Bhima.

Ketiga, selain menaikkan suku bunga, dan penyesuaian Giro Wajib Minimum (GWM), BI bisa tingkatkan Loan to Value (LTV) khusus misalnya LTV hijau untuk dorong permintaan properti yang berkelanjutan.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/sinyal-resesi-as-celios-beri-lima-saran-kebijakan-ini-untuk-ri

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/sinyal-resesi-as-celios-beri-lima-saran-kebijakan-ini-untuk-ri
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bhima Yudhistira,
companies ADA, YouTube,
ministries BI, BPS, Kementerian Keuangan, KSSK, OJK,
topics ekspor, LCS, volatilitas,
products SBN,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places DKI Jakarta, rupiah,