Waspada DBD! Kabupaten Asmat Papua Tetapkan Status KLB Usai Puluhan Orang Terjangkit

  • 05 Juli 2022 10:37:33
  • Views: 13

PIKIRAN RAKYAT – Penyakit demam berdarah dengue (DBD) ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) di Kabupaten Asmat Provinsi Papua, setelah 37 warganya terjangkit secara serempak.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Asmat, Provinsi Papua menegaskan penyebaran cepat ke puluhan warga setempat itu lewat pernyataan resmi kepada media.

Memang benar saat ini terjadi kasus KLB DBD di Kabupaten Asmat, seorang diantaranya meninggal, kata Kepala Dinas Kabupaten Asmat Jonathan Kambu, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sementara DBD mulai terdeteksi sejak tanggal 4 Mei 2022, Jonathan menjelaskan bahwa warga yang meninggal karena DBD itu tercatat di data Dinkes pada tanggal 28 Juni lalu.

Baca Juga: Hanno Behrens Gabung Persija, Penantian Thomas Doll Akhirnya Terwujud

Terdeteksi sejak tanggal 4 Mei 2022, dan menyerang masyarakat di distrik Asmat, ucapnya.

Dinkes Asmat telah melakukan berbagai upaya baik yang melibatkan pemangku kepentingan setempat maupun anjuran-anjuran yang hanya bisa dipraktekan masyarakat.

Di antaranya Dinkes Asmat telah melakukan pengasapan (fogging) di rumah-rumah warga, tanpa melewatkan satupun spot, termasuk ke sudut-sudut terkecil.

Pengasapan di pemukiman dan tempat tinggal warga itu berguna untuk mematikan jentik nyamuk pembawa DBD.

Baca Juga: Disinggung Krisdayanti, Gen Halilintar Akhirnya Pulang ke Indonesia, Pertemuan Pertama Jadi Sorotan


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014920680/waspada-dbd-kabupaten-asmat-papua-tetapkan-status-klb-usai-puluhan-orang-terjangkit

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014920680/waspada-dbd-kabupaten-asmat-papua-tetapkan-status-klb-usai-puluhan-orang-terjangkit
Tokoh



Graph

Extracted

persons Krisdayanti,
ministries Dinkes,
nations Indonesia,
places PAPUA,
cities Asmat,
cases Demam berdarah dengue,