Nih, Tips Pilih Hewan Kurban Bebas PMK

  • 05 Juli 2022 08:03:07
  • Views: 6

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengimbau umat Muslim membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat, sesuai kriteria hewan kurban. Pemerintah juga mengimbau masyarakat menjaga hewan kurban agar tetap dalam keadaan sehat, hingga hari penyembelihan.

Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan Surat Edaran Menag Nomor SE 10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaran Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 H/2022 M.

Indonesiabaik.id mengunggah meme beberapa hewan kurban seperti unta, sapi dan kambing bersama penggembalanya. Di dalamnya ada informasi soal kriteria layak hewan kurban. Antara lain, umur unta lebih dari 5 tahu, sapi dan kerbau lebih dari 2 dan kambing lebih dari setahun.

hewan

Kemudian, tidak menunjukkan gejala klinis Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) seperti, lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut ternak termasuk lidah, gusi, hidung dan teracak atau kuku.

Selanjutnya, tidak mengeluarkan air liur atau lendir berlebihan dan tidak ca­cat. Maksudnya, tidak buta sebelah atau keduanya, sakit, pincang dan kurus.

“Yuk, simak kriteria hewan kurban untuk pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022M ini. Siapa yang di sini berencana berkurban pada Hari Raya Idul Adha ini? tanya Indonesiabaik.id dalam caption-nya.

Berita Terkait : Pilihlah Hewan Kurban Yang Benar-benar Sehat

Akun @yulitasarii mengatakan, Kemenag menerbitkan edaran tentang Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah/2022 Masehi di tengah wabah PMK.

“Ini dilakukan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, kata dia.

Akun @gadisrembulan mengimbau umat Islam membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai den­gan kriteria hewan kurban. Masyarakat juga perlu menjaga hewannya, agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelihan.

“Jangan lupa pastikan hewan kurban ka­lian sehat ya, ujar @Seputartetangga.

“Sebaiknya lakukan pengecekan kes­ehatan secara berkala, untuk memastikan hewan ternak yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat dan terbebas dari PMK, kata @Puspita713.

Akun @narkobatglkota menjelaskan, PMK adalah penyakit dengan gejala hi­versalipasi atau air liur berlebihan yang ke luar dari mulut hewan ternak, lapuh atau luka di sekitar mulut, lidah, gusi, kuku dan puting

 

Berita Terkait : Peternak Ngeluh Sulit Pasok Hewan Kurban Ke Jakarta

“Selain itu, hewan juga lebih sering berbaring dan mengalami demam tinggi, katanya.

“Pemerintah akan menyalurkan hewan ternak dari kawasan bebas PMK untuk menjadi hewan kurban ke daerah yang terdampak PMK, ujar @ carepucuk.

Dengan adanya wabah PMK, @ke­mentan menyarankan, agar pemotongan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha tahun ini dilakukan di Rumah Potong Hewan/RPH. Pemotongan di luar RPH, bisa dilakukan dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Yuk kita patuhi. Kepatuhan kita bisa mencegah penularan PMK. Semoga wa­bah ini bisa cepat kita lalui, harap dia.

Menurut @Halesarland99, daging, jeroan hewan dan juga manusia bukanlah reseptor PMK.

“Sehingga aman untuk diolah se­cara biasa dan dikonsumsi, timpal @ Halesarland99.

Berita Terkait : Ini 4 Tips Jitu Kelola Keuangan Keluarga Sambut Liburan Sekolah

Akun @BeldekAbdullah curhat ke­pada Pemerintah soal solusi sapi hewan kurban. Dia mengeluh sapi miliknya sudah sehat sesuai arahan, sudah vaksin serta sudah dinyatakan dokter setempat sehat & amanah.

“Mengapa tidak diperbolehkan kirim ke luar Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, keluhnya.

Menurut @Cattl3yya, kalau me­mang wabah PMK berdampak, mesti­nya Pemerintah memberikan solusi pada masyarakat agar dapat membeli hewan kurban yang baik dan sehat. Dia kasihan sama penjual yang sudah modalin ternak. Termasuk juga bagi para konsumennya.

“Pastikan sudah memiliki Surat Sehat untuk hewan kurban, timpal @ AgoesAyoex. [TIF]


https://rm.id/baca-berita/nasional/131181/nih-tips-pilih-hewan-kurban-bebas-pmk
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/nasional/131181/nih-tips-pilih-hewan-kurban-bebas-pmk
Tokoh



Graph

Extracted

persons Fachrul Razi,
companies ADA,
ministries Kemenag,
religions Islam,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Hewan kurban, vaksin,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gresik, Sidoarjo, Surabaya,
animals Kambing, Sapi,