Densus 88 Masih Selidiki Dugaan Dana ACT untuk Kegiatan Terorisme

  • 05 Juli 2022 07:52:13
  • Views: 4

Selasa, 5 Juli 2022 - 07:24 WIB

VIVA Nasional – Tim Densus 88 Anti Teror Polri, masih melakukan pendalaman atas temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), terkait indikasi adanya transaksi yang diduga berkaitan dengan aktivitas terorisme oleh lembaga kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap).

Permasalahan ini masih dalam penyelidikan Densus 88, kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Anti Teror Polri, Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 5 Juli 2022. Namun, Aswin belum bisa menyampaikan lebih rinci terkait proses penyelidikan dari hasil temuan dari PPATK itu.

Baca juga: PPATK Temukan Dugaan Dana ke Aktivitas Terorisme, Ini Respons ACT

Sebelumnya diberitakan, PPATK menemukan indikasi adanya transaksi yang diduga berkaitan dengan aktivitas terorisme oleh lembaga kemanusiaan ACT. Kini, ACT lagi ramai dibicarakan karena dugaan penyelewengan pengelolaan dana keuangannya.

“Transaksi mengindikasikan demikian (untuk aktivitas terorisme), dugaan aktivitas terlarang, kata Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana saat dihubungi wartawan pada Senin, 4 Juli 2022.

Jelas dia, PPATK menemukan sejumlah transaksi yang diduga disalahgunakan dananya oleh pengelola ACT. Salah satunya, kata dia, dana yayasan digunakan untuk kepentingan pribadi para petinggi atau pimpinannya. “Ya indikasi kepentingan pribadi, ujarnya.

Namun demikian, Ivan mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman lagi terhadap sejumlah temuan atau indikasi penyalahgunaan pengelolaan dana oleh ACT. Bahkan, sejumlah temuan tersebut sudah diserahkan juga kepada aparat penegak hukum seperti Densus 88 Antiteror Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1493391-densus-88-masih-selidiki-dugaan-dana-act-untuk-kegiatan-terorisme

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1493391-densus-88-masih-selidiki-dugaan-dana-act-untuk-kegiatan-terorisme
Tokoh





Graph

Extracted

persons Aswin Siregar, Ivan Yustiavandana,
companies Dana,
ministries BNPT, Densus 88, PPATK,
ngos ACT,
places LAMPUNG,
cases teror, Teroris,