Desa Babajurang, Kampung Domba di Majalengka: Populasi Warganya Kalah Banyak dari Hewan Ternak

  • 05 Juli 2022 07:06:26
  • Views: 12

TRIBUNNEWS.COM, MAJALENGKA - Jika Anda menyambangi Desa Babajurang, Kecamatan Jatitujuh di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Anda akan mendapati populasi domba yang luar biasanya banyak, melebihi jumlah warga desanya.

Itu sebabnya, sejak lama Desa Babajurang dikenal dengan istilah Kampung Domba dan menjadi salah satu desa yang membiakkan domba-domba piaraan dalam jumlah sangat banyak di Jawa Barat.

Menurut penuturan Kepala Desa Babajurang, Ahmad Basar, di wilayahnya terdapat 395 kepala keluarga (KK)

Dari jumlah itu, sedikitnya 30 KK memiliki hewan ternak domba, di mana masing-masing KK itu memiliki 30 sampai 40 ekor domba.

Babajurang ini memang profesinya memang banyak peternak domba. Di sini hampir 30 peternak domba, yang masing-masing peternak memiliki 30-40 domba, ujar Ahmad kepada Tribun, Senin (4/7/2022).

Menurutnya, jika dikalikan, domba-domba di desanya mencapai seribuan ekor. Sementara, jumlah warganya berjumlah berkisar 1.035 orang.

Kurang lebih total domba di sini ada sekitar 1000 ekor domba. Jumlah penduduk hampir 1.035 jiwa. Jadi saat ini jumlah penduduk hampir sama dengan domba, ucapnya.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Lumajang Buka Pasar Hewan Hanya Transaksi Kambing dan Domba

Ahmad menjelaskan, julukan Kampung Domba yang melekat pada Desa Babajurang sendiri berawal pada tahun 2020 lalu.

Di mana, saat itu, pihaknya sering mengunggah di media terkait banyaknya domba di desanya.

Kita mulai dijuluki kampung domba tahun 2020'an lah. Awalnya kita sering posting di media sosial semisal yang butuh domba bisa ke Babajurang gitu, jelas dia.

Baca juga: Beda Kambing dan Domba yang Jadi Hewan Kurban Idul Adha, Simak Ciri Fisiknya


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/desa-babajurang-kampung-domba-di-majalengka-populasi-warganya-kalah-banyak-dari-hewan-ternak

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/desa-babajurang-kampung-domba-di-majalengka-populasi-warganya-kalah-banyak-dari-hewan-ternak
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, YouTube,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
places JAWA BARAT, JAWA TIMUR,
cities Lumajang,
animals Domba, Kambing,