Airlangga Hartarto: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga Agustus 2022

  • 04 Juli 2022 17:15:32
  • Views: 16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali mulai 5 Juli hingga 1 Agustus 2022.

Menurut Airlangga Hartarto, keputusan tersebut diambil dalam rangka pengendalian penularan Covid-19. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa jajarannya saat ini sedang melakukan kajian khusus terkait perubahan kebijakan saat pandemi.

Dia memohon kepada masyarakat, agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan mengikuti setiap himbauan yang diberikan pemerintah pusat. Dia mau semua masyarakat tetap aman, tidak terjadi lagi lonjakan kasus positif Covid-19 dan memakan banyak korban.

Khusus pemberlakuan pembatasan kegiatan di luar Jawa-Bali, akan diperpanjang dari 5 Juli sampai 1 Agustus yang terdiri dari 385 kabupaten/kota di level 1 dan hanya satu di level 2, yaitu Kabupaten Sorong, Papua Barat, kata Airlangga di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Sementara itu, selama PPKM periode ini, seluruh wilayah di Indonesia masuk kategori PPKM level 1, kecuali Kabupaten Teluk Bintuni di provinsi Papua Barat yang masih masuk PPKM level 2. Seiring dengan itu pemerintah melonggarkan sejumlah aturan. Salah satunya adalah tidak lagi mewajibkan penggunaan masker di ruang terbuka.

Pemerintah juga menyatakan relaksasi kebijakan dalam sektor non kesehatan terus diperbarui dan disesuaikan dengan kondisi perkembangan Covid-19 terkini. Dalam PPKM periode 7 Juni-4 Juli, pemerintah memberlakukan kebijakan 100 persen operasional pada berbagai aspek.

Seperti misalnya daerah PPKM Level 1 yang dapat beroperasi 100 persen, sementara pada daerah PPKM Level 2 menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 25 persen dan WFO sebesar 75 persen.

Tempat ibadah baik masjid, musala, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah di daerah PPKM Level 1 juga dapat mengadakan kegiatan peribadatan atau keagamaan berjamaah dengan kapasitas 100 persen.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/417120/airlangga-hartarto-ppkm-jawabali-diperpanjang-hingga-agustus-2022

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/417120/airlangga-hartarto-ppkm-jawabali-diperpanjang-hingga-agustus-2022
Tokoh



Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto,
companies Google, Telegram,
topics PPKM, Protokol Kesehatan, WFH,
products masker,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, PAPUA, PAPUA BARAT,
cities Sorong, Teluk Bintuni,
cases covid-19,