Hacker Pakai Malware YTStealer untuk Retas Akun Kreator YouTube

  • 04 Juli 2022 17:10:55
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah jenis malware pencuri informasi baru bernama YTStealer beredar di internet, dan menargetkan pembuat konten YouTube.

Dalam aksinya, malware ini dipakai hacker untuk mencuri token autentikasi milik pembuat konten YouTube dan membajak saluran mereka.

Menurut laporan oleh Intezer, fokus pada satu target memungkinkan kreator YTStealer untuk membuat operasi pencurian token korban lebih efektif.

Karena menargetkan pembuat konten YouTube, sebagian besar distribusi malware YTStealer menggunakan software palsu untuk mengedit video atau bertindak sebagai konten video baru.

Contoh software berisi malware YTStealer, antara lain OBS Studio, Adobe Premiere Pro, FL Studio, Ableton Live, Antares Auto-Tune Pro, dan Filmora, sebagaimana dilansir Bleeping Computer, Senin (4/7/2022).

Lainnya, pembuat YTSealer juga memodifikasi malware mereka untuk menirukan mod game GTA V, cheat CS:GO dan CoD, Valorant, dan hacking untuk Roblox.

Para peneliti di Intezer juga menyebutkan, terdapat celah di generator token untuk Discord Nitro dan Spotify Premium sehingga membuatnya rentan terhadap malware baru ini.

Menurut Intezer, YTStealer biasanya dibundel dengan malware pencuri informasi lainnya, seperti RedLine dan Vidar yang terkenal.

Malware YTStealer menjalankan beberapa pemeriksaan sebelum beroperasi di PC korban, dengan cara menggunakan tools open source Chacal.

Jika PC atau laptop yang terinfeksi dianggap sebagai target valid, malware akan memeriksa file database SQL browser untuk menemukan token autentikasi YouTube.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kabar mengejutkan datang dari marketplace terbesar NFT, OpenSea. Dilaporkan, OpenSea baru saja diserang oleh hacker pada Minggu (20/02/2022).


https://www.liputan6.com/tekno/read/5004252/hacker-pakai-malware-ytstealer-untuk-retas-akun-kreator-youtube

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5004252/hacker-pakai-malware-ytstealer-untuk-retas-akun-kreator-youtube
Tokoh

Graph

Extracted

companies Discord, Spotify, WhatsApp, YouTube,
topics marketplace,
products malware,
places DKI Jakarta,
cases pencurian,