Respon Dino Patti Djalal, Dewan Pakar BPIP: Diplomasi Perdamaian Bukan Pabrik Tempe!

  • 04 Juli 2022 16:49:55
  • Views: 6

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pakar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri Dr Darmansjah Djumala memberikan tanggapan atas apa yang disampaikan Dino Patti Djalal terkait lawatan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Kunjungan tersebut dilakukan Jokowi usai menghadiri Pertemuan G7 di Jerman, beberapa waktu silam. 

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri era Presiden SBY, Dino Patti Djalal memberikan reaksi atas lawatan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Baginya, ia tidak melihat adanya terobosan baru dalam misi perdamaian Jokowi itu.

“Dari segi misi perdamaian, tidak ada terobosan. Sebab, kalau misi perdamaian berarti konsep perdamaian diterima kedua pihak, baik Ukraina maupun Rusia, katanya.

Dalam fatsun diplomasi, perdamaian akan tercapai jika melalui tiga proses yang dikatakan juga sebagai adab diplomasi. Ketiga proses itu adalah komunikasi, penghentian kekerasan, dan dialog.

Pembicaraan dan negosiasi perdamaian tak akan bisa dimulai jika tidak ada komunikasi. Sebab, dari komunikasi itulah kedua pihak yang berseteru bisa mengetahui posisi dan apa yang diinginkan oleh masing-masing pihak. Untuk itu dibutuhkan pihak ketiga untuk mediasi agar kedua pihak dapat berkomunikasi, jelas Darmansjah Djumala, Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri.

Dengan mengadakan pertemuan empat mata dengan Zelensky dan Putin, Jokowi sejatinya sudah membuka pintu komunikasi, tambahnya.


https://www.liputan6.com/news/read/5004912/respon-dino-patti-djalal-dewan-pakar-bpip-diplomasi-perdamaian-bukan-pabrik-tempe

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5004912/respon-dino-patti-djalal-dewan-pakar-bpip-diplomasi-perdamaian-bukan-pabrik-tempe
Tokoh







Graph

Extracted

persons Dino Patti Djalal, joko widodo, Susilo Bambang Yudhoyono,
companies ADA,
ministries BPIP,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Jerman, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,