Kebutuhan Pokok Pangan Jelang Idul Adha Terus Naik

  • 04 Juli 2022 14:05:22
  • Views: 6

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga kebutuhan pokok pangan kurang dari sepekan Idul Adha masih tinggi. Kenaikan harga bahkan masih terus terjadi pada komoditas cabai dan bawang merah. Namun demikian, kebutuhan masyarakat tetap dijamin terpenuhi. Pemantauan akan semakin diintensifkan mengantisipasi munculnya masalah terkait stok dan harga termasuk distribusi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo Iwan Setiyono, Senin (4/7/2022) mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok pangan menjelang Idul Adha tidak bisa dihindari. Penyebabnya karena terjadi berbagai masalah baik di bidang pertanian dan peternakan yang berdampak pada berkurangnya pasokan ke pedagang akibat cuaca ekstrem dan serangan wabah penyakit.

Disdagkop UKM Sukoharjo masih menganggap wajar kondisi kenaikan harga kebutuhan pokok pangan menjelang Idul Adha. Sebab masalah tidak hanya terjadi di Kabupaten Sukoharjo namun juga nasional dan global di negara lain.

“Kurang dari sepekan jelang Idul Adha harga kebutuhan pokok pangan masih tinggi dan cenderung masih bisa naik. Terus kami pantau jalur distribusi, harga dan stok, ujarnya.

Iwan menjelaskan, harga kebutuhan pokok pangan dari sektor pertanian seperti cabai dan bawang merah terus naik. Hal ini terjadi karena pasokan dari petani terbatas yang mengakibatkan stok pedagang berkurang. Penyebabnya karena terpengaruh cuaca ekstrem sering turun hujan deras dan angin kencang. Sedangkan sektor peternakan, terjadi masalah karena wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) berdampak pada kenaikan harga daging sapi. Selain itu kenaikan harga pakan ternak juga menjadi salah satu penyebab naiknya harga daging ayam.

Disdagkop UKM Sukoharjo terus memantau kondisi di pasar tradisional dengan sasaran stok dan harga kebutuhan pokok pangan. Koordinasi juga dilakukan antar Disdagkop UKM di daerah lain dan pemerintah pusat. Termasuk juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo.

“Cuaca ekstrem dengan angin kencang juga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pangan lainnya bersumber dari laut. Sebab pasokan ikan laut terbatas dan harga naik. Itu juga kami temukan saat pemantauan ke pedagang pasar, lanjutnya.


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/klaten/kebutuhan-pokok-pangan-jelang-idul-adha-terus-naik/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/klaten/kebutuhan-pokok-pangan-jelang-idul-adha-terus-naik/
Tokoh

Graph

Extracted

events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging,
places JAWA TENGAH,
cities Klaten, Sukoharjo,
animals Ayam, Sapi,
plants Bawang merah, Cabai,