PDIP Ingatkan Generasi Muda Harus Melek Sejarah Bung Karno Lewat Karya Arsitekturnya

  • 03 Juli 2022 22:49:05
  • Views: 9

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan Orasi Ilmiah berjudul 'Eksistensi Pemikiran Geopolitik Soekarno untuk Ketahanan Nasional' berdasarkan hasil disertasinya di Universitas Pertahanan.

Menurut Hasto Kristiyanto, pemimpin nasional harus memiliki pemahaman terhadap geopolitik Indonesia, khususnya cara pandang outward looking.

Hasto memaparkan bagaimana hal itu sudah pernah dibuktikan Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Sukarno.

Saat itu, bangsa-bangsa Asia-Afrika seperti Maroko, Tunisia, Sudan, Aljazair, bisa merasakan kemerdekaan karena campur tangan Indonesia.

Bahkan ketika Pakistan berjuang melawan Inggris, Indonesia mengirimkan angkatan perangnya. Atas upayanya tersebut, pada tahun 1965, Bung Karno mendapat gelar sebagai 'Pendekar dan pahlawan kemerdekaan bangsa Islam' melalui Konferensi Islam Asia Afrika, ujar Hasto saat menggelar acara wisuda ke-127 di Aula Universitas Negeri Padang (UNP), seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (3/7/2022).

Menurut Hasto, spirit kepemimpinan Indonesia sebagai bangsa besar di tengah dunia juga ditunjukkan oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Hal itu dibuktikan ketika Indonesia mengutuk aksi sepihak Amerika Serikat terhadap Irak, dan menegaskan agar persoalan terorisme karena ketidakadilan masalah Palestina.

Kepemimpinan Indonesia di tengah dunia di masa Presiden Jokowi juga tampak dalam doktrin Indonesia Poros Maritim Dunia yang menempatkan wilayah kelautan sebagai halaman depan dan mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia sentris, ucap Hasto.

 


https://www.liputan6.com/news/read/5001503/pdip-ingatkan-generasi-muda-harus-melek-sejarah-bung-karno-lewat-karya-arsitekturnya

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5001503/pdip-ingatkan-generasi-muda-harus-melek-sejarah-bung-karno-lewat-karya-arsitekturnya
Tokoh









Graph