Mengenal Siapa Dino Patti Djalal yang Diserang Warganet Usai Komentari Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina

  • 03 Juli 2022 20:47:54
  • Views: 2

Suara.com - Dino Patti Djalal, eks Duta Besar RI untuk AS (Amerika Serikat) di-bully warganet usai berpendapat mengenai kunjungan Presiden Jokowi akhir Juni lalu ke Rusia dan Ukraina. Sebenarnya siapa Dino Patti Djalal? Simak ulasannya berikut ini.

Bully-an tersebut sudah ramai sejak 29 Juni 2022. Usai mengetahui mendapat rundungan dari warganet, Dino Pati Djalal pun mengeluarkan klarifikasi pada Sabtu (2/7/2022). Ia menilai bahwa pendapatnya cenderung dipelintir oleh warganet. Untuk tahu, sebenarnya siapa Dino Patti Djalal simak berikut ini profil singkatnya.

Profil Dino Patti Djalal

Dino Patti Djalal ini lahir pada 10 September 1965 di Beograd, Yogoslavia. Ia anak dari Hasyim Djalal (diplomat RI) ternama. Dino kerap menghabiskan waktu di luar negeri Karena profesi ayahnya yang dulu sebagai diplomat.

Baca Juga: Dino Patti: Upaya Jokowi Damaikan Ukraina-Rusia Harus Berkelanjutan

Pendidikan Dino Patti Djalal

Usai menempuh pendidikan di SD Muhammadiyah serta SMP Al Azhar, Ia dan keluarganya hijrah ke AS mengikuti ayahnya. Ia pun kemudian melanjutkan pendidikannya di McLean High School, AS. Setelah itu, Ia menjadi mahasiswa jurusan Politik di Carleton University, Kanada.

Usai lulus kuliah, Dino berkeinginan mengikuti jejak seperti ayahnya. Ia pun bergabung di Departemen Luar Negeri RI tahun 1987. Pada 1990, Ia lulus S2 dengan gelar Magister Ilmu Politik dari Simon Fraser University Kanada. Lalu pada tahun 2000, Ia lulus dengan gelar Doktor Hubungan Internasional dari London School of Economics and Political Science Inggris.

Perjalanan Karier Dino Patti Djalal

Wakil
Wakil Menlu Dino Patti Djalal mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/7). [Antara/Widodo S. Jusuf]

Pada tahun-tahun pertama di Depalu, Dino menjabat sebagai asisten Dirjen Politik.  Kariernya terus merangkak naik usai didapuk sebagai juru bicara Pemerintah RI dalam referendum PBB pada tahun 1999 di Timor Timur.

Baca Juga: Dorong Indonesia Berani Kritis ke Rusia, Dino Patti Djalal: Dengan AS Kita Galak, tapi dengan Moskow Agak Sungkan

Tahun 2002, Dino menjabat sebagai Direktur Urusan Amerika Utara. Setelah itu, ia didapuk sebagai Staf Khusus (stafsus) Presiden untuk Urusan Internasional pada masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Dino juga didapuk sebagai juru bicara kepresidenan, penulis pidato, penasihat kebijakan luar negeri, dan penulis pidato. 


https://www.suara.com/news/2022/07/03/195616/mengenal-siapa-dino-patti-djalal-yang-diserang-warganet-usai-komentari-kunjungan-jokowi-ke-rusia-dan-ukraina

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/03/195616/mengenal-siapa-dino-patti-djalal-yang-diserang-warganet-usai-komentari-kunjungan-jokowi-ke-rusia-dan-ukraina
Tokoh







Graph