Awas Wabah PMK! Ini 4 Tips Penting untuk Panitia Kurban Supaya Kelola Daging yang Sehat

  • 03 Juli 2022 07:37:17
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak masih menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat muslim Indonesia.

Pasalnya, vaksin yang dikabarkan telah terdistribusi belum jua mengatasi permasalahan PMK. Wabah tersebut masih menjangkiti ribuan hewan ternak di tanah air saat ini.

Kecemasan meningkat kala mengingat Idul Adha sudah semakin dekat. Masyarakat harus segera mencari hewan kurban untuk disembelih di hari raya.

Saat memilih hewan kurban, hindari yang banyak mengeluarkan air liur, punya bercak merah di bagian mulut, dan luka di bagian kuku.

Baca Juga: Viral Pria Rusia Nekat Bakar Gereja karena Istrinya Terus Bersedekah ke Rumah Ibadah Umat Kristen

Selain lebih selektif dalam membeli hewan kurban, ada beberapa hal yang juga perlu dipersiapkan panitia kurban di tengah wabah PMK.

Untuk itu, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian, UNS Surakarta, Sulistyo, S.T., M.Si punya solusinya.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Universitas Sebelas Maret (UNS), berikut 4 tips penting kelola hewan kurban di tengah wabah PMK.

Baca Juga: Sosialisasi MGCR Diperpanjang Jadi 3 Bulan, Begini Cara Mudah Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi

Siapkan dandang-dandang perebusan besar saat penyembelihan


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014902420/awas-wabah-pmk-ini-4-tips-penting-untuk-panitia-kurban-supaya-kelola-daging-yang-sehat

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014902420/awas-wabah-pmk-ini-4-tips-penting-untuk-panitia-kurban-supaya-kelola-daging-yang-sehat
Tokoh



Graph

Extracted

persons Teuku Faizasyah,
companies ADA,
religions Islam, Kristen,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Hewan kurban, vaksin,
nations Indonesia, Rusia,