Cegah Penyebaran PMK di Bangka Selatan, Sapi Disuntik Vaksin

  • 02 Juli 2022 22:43:24
  • Views: 10

BANGKA SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan memberikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa kandang peternak sapi. Hal ini guna mencegah penyebaran PMK di wilayah Bangka Selatan.

Kepala Dnas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan, pihaknya mendapatkan alokasi vaksin PMK sebanyak 100 dosis yang berasal dari Kementrian Pertanian.

Penyuntikan vaksin PMK itu dimulai di Desa Fajar Indah, Kecamatan Pulau Besar, dengan mengerahkan 5 dokter hewan dan 3 tenaga para medis.

Selain menyuntikkan vaksin PMK kepada hewan sapi, kami juga akan melakukan pengobatan, penyuntikan vitamin dan memberikan edukasi kepada peternak tentang sanitasi kandang dan lingkungan kandang agar selalu bersih, katanya, Sabtu (02/07/2022)

Suhadi mengungkapkan, upaya tersebut merupakan langkah konkret Pemkab Bangka Selatan dalam memutus mata rantai penyebaran PMK khusus pada hewan terutama Sapi.

hingga saat ini belum ada hewan ternak di Bangka Selatan termasuk sapi yang mati akibat terpapar PMK. namun upaya pencegahan terus kami lakukan, ucapnya.

Sementara itu, Meza salah satu ibu rumah tangga di Bangka Selatan mengaku awalnya sempat takut untuk mengkonsumsi daging sapi setelah adanya PMK.

Namun setelah adanya informasi dari Dinas terkait melalui pemberitaan mengenai hewan yang terkena PMK tidak terlalu berbahaya bagi manusia jika dimasak dengan benar, kami tidak takut lagi untuk mengonsumsi daging sapi, ucapnya.

(erh)


https://news.okezone.com/read/2022/07/02/340/2622484/cegah-penyebaran-pmk-di-bangka-selatan-sapi-disuntik-vaksin?page=1

Sumber: https://news.okezone.com/read/2022/07/02/340/2622484/cegah-penyebaran-pmk-di-bangka-selatan-sapi-disuntik-vaksin?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Suhadi,
companies ADA,
events vaksinasi,
products daging, vaksin, vitamin,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,
animals Sapi,