Toyota Perluas Ekspansi, Hadirkan SUV Hybrid Urban Cruiser di Pasar Otomotif India

  • 02 Juli 2022 22:10:38
  • Views: 11

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI – Persaingan ketat antar para produsen kendaraan membuat Toyota Motor Corp berinisiatif untuk mengeluarkan SUV hybrid anyarnya yang dinamai Urban Cruiser Hyryder.

Mengutip dari Reuters, Urban Cruiser Hyryder rencananya akan memulai debutnya di pasar otomotif India pada pertengahan tahun ini, menyusul para pesaingnya yaitu Honda HR-V, Hyundai Creta, Kia Seltos, dan Nissan Kicks.

India dipilih lantaran SUV hybrid ini memiliki kesamaan karakteristik dengan masyarakat India.

Urban Cruiser Hyryder memiliki ukuran yang lebih luas dengan panjang 4.365 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.635 mm, dengan ukuran ini memungkinkan SUV hybrid Toyota dapat mengangkut banyak penumpang.

Untuk mesin, Toyota sendiri menggabungkan mesin K-Series 1,5 liter dengan sistem ISG 12-Volt hybrid ringan serta baterai Li-ion 6Ah, dengan gabungan mesin ini Urban Cruiser Hyryder dapat menyemburkan tenaga 114 hp dengan torsi 141 Nm. Dengan spesifikasi ini Toyota mengklaim bahwa Urban Cruiser Hyryder hybrid adalah SUV yang paling efisien di kelasnya.

Baca juga: Pendaftaran BBM Subsidi Lewat MyPertamina Hanya Khusus untuk Mobil

Tak hanya menyematkan mesin berkualitas saja, Toyota turut membekali beberapa fitur canggih pada SUV terbarunya ini seperti sistem infotainment yang dapat terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Selain itu Toyota juga menambahkan sejumlah fitur keselamatan seperti cruise control, head up display, dan sistem kamera 360 derajat. Meski terbilang lengkap namun sayangnya fitur keselamatan Urban Cruiser Hyryder belum dilabeli sebagai TSS (Toyota Safety Sense).

Sementara dari segi kenyamanan, Urban Cruiser Hyryder menghadirkan remote kontrol canggih auto climate control, tombol push start atau stop button, kursi penumpang dan pengemudi yang dilapisi kulit, serta sistem dual airbag yang akan mengakomodir keselamatan pengendara saat kendaraan mengalami benturan keras, mengutip dari Carscoops.

Menariknya SUV hybrid ini menampilkan LED DRL (daytime running lights) dual layer berwarna black piano. Untuk di bagian bagian grille dan area DRL, Toyota juga menambahkan aksen chrome dengan lampu utama, apabila dilihat sekilas desain tersebut sangat mirip dengan desain Creta.

Pada bagian bumper, Toyota menghias SUV ini dengan intake besar berpola honeycomb lengkap dengan garis desain trapesium. Sementara bagian belakang mobil, tampil lampu dibuat dengan grafis LED berbentuk huruf C ganda.

Sayangnya Toyota hingga kini masih enggan menyebutkan berapa harga jual dari Urban Cruiser Hyryder, namun menurut kabar yang beredar Toyota akan membandrol harga mulai dengan 10,5 lakh Rupee sampai 17 lakh Rupee.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/02/toyota-perluas-ekspansi-hadirkan-suv-hybrid-urban-cruiser-di-pasar-otomotif-india

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/02/toyota-perluas-ekspansi-hadirkan-suv-hybrid-urban-cruiser-di-pasar-otomotif-india
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters, YouTube,
products rupee,
nations India,
cities New Delhi,
brands Apple, Honda, Hyundai, KIA, Nissan, Toyota,