Tips Aman dan Sehat Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

  • 02 Juli 2022 15:52:57
  • Views: 9

Sabtu, 2 Juli 2022 - 13:59 WIB

VIVA – Umat Islam pada 10 Dzulhijah 1443 H, diperkirakan jatuh pada 10 Juli 2022, akan merayakan Hari Raya Idul Adha sekaligus melaksanakan ibadah memotong hewan kurban sapi, kerbau, domba atau kambing. 

Kementerian Agama menerbitkan panduan Nomor 10/2022 tentang penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah/ 2022 Masehi di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Khusus untuk kurban, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha hukumnya sunah muakkad. Namun demikian, umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Permalasahannya, pelaksanaan pemotongan hewan kurban tersebut terjadi saat sebagian besar wilayah di Indonesia sedang dilanda Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hingga 20 Juni 2022, wabah PMK sudah menyebar ke 208 kota dan kabupaten di 19 Provinsi di Tanah Air.

PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Aphtaee epizootecae. Virus ini mudah menular kepada ternak, khususnya hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba/kambing dan juga babi.

Untungnya, PMK ini tidak menulari manusia sehingga mengkonsumsi daging ternak pada saat wabah PMK tetap aman. Syaratnya penanganan dan pemrosesan daging ternak tersebut dilakukan dengan benar, misalnya disimpan dalam freezer dan  dimasak terlebih dulu minimal 30 menit pada suhu minimal 70 derajat celcius.

Kendati tidak membahayakan manusia, ternak yang tertular virus PMK bisa mati jika tidak dicegah dan ditangani secara serius. Karena itu, pada saat Idul Adha nanti masyarakat yang akan memotong sendiri hewan kurban, seperti di mesjid-mesjid, perkampungan atau perumahan harus melaksanakannya dengan prosedur biosekuriti ketat. Tujuannya agar virus penyebab PMK tidak semakin menyebar pasca pemotongan hewan kurban.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1492528-tips-aman-dan-sehat-memilih-hewan-kurban-di-tengah-wabah-pmk

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1492528-tips-aman-dan-sehat-memilih-hewan-kurban-di-tengah-wabah-pmk
Tokoh

Graph

Extracted

religions Islam,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Hewan kurban,
nations Indonesia,
animals Babi, Domba, Kambing, Sapi,