Kenapa Seseorang Jadi Teroris? Simak Penjelasan dari Pakar Psikologi UI

  • 02 Juli 2022 10:36:47
  • Views: 6

PIKIRAN RAKYAT - Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Dr. Bagus Takwin, menjelaskan alasan seseorang bergabung dengan kelompok disentegrasi atau teroris.

Bagus Takwin membeberkan itu ketika menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk Penguatan Resistansi Dunia Kampus dari Ancaman Gerakan Ideologi Klandestin Khilafatul Muslimin Guna Mencegah Terjadinya Disintegrasi Bangsa di Indonesia pada Jumat, 1 Juli 2022.

Menurutnya, alasan utama seseorang bergabung dengan kelompok semacam itu adalah adanya kepastian.

Mereka merasa telah memilih jalan hidup yang benar di dunia dan akhirat ketika bergabung dengan kelompok tersebut. Visi, misi, dan tujuan kelompok disentegrasi, seperti Khilafatul Muslimin, dinilai memiliki kepastian yang menjanjikan dibandingkan dengan ideologi Pancasila.

Baca Juga: Cek Fakta: Pemerintah Dikabarkan Sengaja Naikkan Kasus Covid-19 Jelang Idul Adha 2022, Simak Faktanya

Pada kenyataannya, keberadaan kelompok tersebut justru tidak sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang di dalam 5 sila Pancasila.

Jika dilihat dari sisi emosional, lanjut Bagus, mereka yang memercayai golongan disentegrasi merasa hidup lebih bahagia dan terbantu secara morel maupun dukungan lainnya.

Padahal, tidak ada agama yang mengajarkan pemahaman yang menyimpang dengan membunuh sesama manusia, membungkam pendapat yang tidak selaras, atau tindakan keji lainnya.

Baca Juga: Wukuf di Arafah 8 Juli 2022, Ibadah Haji Berkiblat pada Ka'bah di Mekah sebagai Pusat Dunia

“Sebagai seseorang yang memiliki kesadaran dan pemahaman, sudah sewajarnya kita saling mengingatkan agar kerabat atau teman kita yang mempunyai pengaruh buruk dapat segera ditangani sehingga tidak menimbulkan gerakan disentegrasi yang berkepanjangan. Ini harus dilakukan karena hal buruk sekecil apa pun bila tidak ditangani akan semakin memburuk, kata Bagus.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014894767/kenapa-seseorang-jadi-teroris-simak-penjelasan-dari-pakar-psikologi-ui

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014894767/kenapa-seseorang-jadi-teroris-simak-penjelasan-dari-pakar-psikologi-ui
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
institutions Universitas Indonesia,
religions Islam,
topics haji,
events Ibadah Haji, Idul Adha 1441 Hijriah,
fasums Ka'bah,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
cities Mekah,
cases covid-19, Teroris,