Jeritan Penjual Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK: Sudah Ampun, Banyak Ruginya

  • 02 Juli 2022 10:34:13
  • Views: 15

PIKIRAN RAKYAT - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia berpengaruh pada daya jual hewan kurban menjelang Idul Adha pada 10 Juli 2022. Para peternak harus putar otak untuk mencari cara agar ternaknya terjual.

Seorang peternak asal Kota Sukabumi, Nasir Bajri (47) mengatakan, kurang dari dua pekan ini, belum ada satu pun sapi kurban yang terjual.

Bahkan, masyarakat yang sekadar bertanya pun masih nihil. Orang masih ketakutan dengan kasus PMK ini. Biasanya, selesai Syawal itu sudah mulai ada yang terjual, sebut Nasir kepada kontributor PR Herlan Heryadie di Subangjaya, Cikole, Sukabumi, Rabu, 29 Juni 2022.

Baca Juga: Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai MyPertamina, Warga Cimahi: Dengernya Saja Sudah Rumit

Nasir mengatakan, kondisi itu berbanding terbalik dengan tahun lalu saat pandemi. Pas Covid masih bisa terjual 20 ekor walaupun ada penyekatan di jalan. Kalau kena PMK, sudah ampun, banyak ruginya, tuturnya.

Nasir menghindari membuka lapak di pinggir jalan. Menurut dia, kebanyakan mereka berasal dari Jawa dan dikhawatirkan terpapar PMK.

Harga sapi kurban yang dia jual berkisar Rp60.000-Rp65.000 per kilogram. Rata-rata harga Rp20 juta itu bobotnya sekitar 300-350 kilogram. Harapannya, setelah divaksin, sapi-sapi bisa sehat, tidak ada lagi yang terkena wabah PMK, ujarnya.

Baca Juga: LPDP 2022 Tahap 2 Buka Pendaftaran Mulai 4 Juli, Simak Cara dan Syaratnya!

Generalisasi

Bupati Majalengka Karna Sobahi meminta para peternak, konsumen, serta pihak lainnya, jangan menggeneralisasi penyakit yang menimpa hewan ternak adalah PMK.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014895247/jeritan-penjual-hewan-kurban-di-tengah-wabah-pmk-sudah-ampun-banyak-ruginya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014895247/jeritan-penjual-hewan-kurban-di-tengah-wabah-pmk-sudah-ampun-banyak-ruginya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Karna Sobahi,
companies ADA,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities bandung, Cimahi, Sukabumi,
cases covid-19,
animals Sapi,