Wapres: Kita Kehilangan Orang Baik

  • 01 Juli 2022 19:02:50
  • Views: 4

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin salat jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Jumat (1/7).

Deretan menteri dan pejabat negara juga ikut menyolati jenazah mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu.

Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara. Beliau juga sebelumnya menjadi Menteri Dalam Negeri, lalu Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, ujar Wapres Ma'ruf dalam keterangannya, Jumat (1/7).

Berita Terkait : Tjahjo Kumolo Wafat, Puan: Megawati Sangat Sedih, Kehilangan Salah Satu Adiknya

Ma'ruf mengenang almarhum sebagai sosok yang tidak kenal lelah mengabdi pada bangsa. Dalam beberapa waktu terakhir, kata Wapres, almarhum fokus dalam reformasi birokrasi

Kebetulan juga di bawah koordinasi saya, tentang masalah reformasi birokrasi, beliau terus bekerja siang malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi untuk membangun sistem melakukan perubahan-perubahan besar, tuturnya. 

Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengatakan, selama ini almarhum juga rutin memberi laporan tentang progres reformasi birokrasi. Bahkan, kata Ma'ruf, Tjahjo sempat berinisiatif membuat acara nota kesepahaman (MoU) Mal Pelayanan Publik yang melibatkan Kementerian/lembaga. Namun, almarhum jatuh sakit saat acara nota kesepahaman berlangsung.

Berita Terkait : Menhub Ingat Jasa Tjahjo Kumolo Dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Meskipun beliau tidak hadir karena tiba-tiba beliau masuk rumah sakit. Tapi inisiatifnya untuk pemberian rapat koordinasi, dalam rangka MPP ya itu mal pelayanan publik dan mengumpulkan Menteri-menteri kemudian diikuti gubernur-gubernur, oleh kementerian non Kementerian, oleh swasta semua untuk bersama-sama bahkan Kapolri juga hadir disini, itu inisiatif beliau, bebernya. 

Karenanya, Ma'ruf memuji pengabdian Tjahjo dalam menjalankan tugas tugasnya. Tetapi Allah sudah menghendaki beliau sampai disini, karena itu kita mendoakan mudah-mudahan beliau diterima oleh Allah SWT dan kita yakin beliau orang baik dan banyak jasanya kepada bangsa dan negara, kata dia.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7). Tjahjo meninggal usai menjalani perawatan intensif di RS tersebut selama dua pekan sejak pertengahan Juni. Tjahjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Berita Terkait : PP Muhammadiyah Kenang Tjahjo Kumolo: Santun Dan Profesional

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin upacara pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Proses pemakaman almarhum Tjahjo Kumolo akan dilakukan secara militer. ■


https://rm.id/baca-berita/nasional/130810/menpan-rb-tjahjo-kumolo-meninggal-dunia-wapres-kita-kehilangan-orang-baik
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/nasional/130810/menpan-rb-tjahjo-kumolo-meninggal-dunia-wapres-kita-kehilangan-orang-baik
Tokoh











Graph

Extracted

persons Ma'ruf Amin, Megawati Soekarnoputri, Pratikno, Sudirman, Tjahjo Kumolo,
ministries Kemendagri, Kemenhub, Kemenpan RB, MA,
organizations Muhammadiyah,
institutions MUI,
fasums TMP Kalibata,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Kalibata, Kebayoran Baru,