Prosesi Pemakaman Tjahjo Kumolo Berlangsung Khidmat di Taman Makam Pahlawan Kalibata

  • 01 Juli 2022 18:47:28
  • Views: 6

Suara.com - Prosesi pemakaman secara militer Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) sore, berjalan dengan suasana duka yang mendalam.

Setibanya di lokasi upacara pemakaman secara militer langsung digelar dengan dipimpin langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Saya Pratikno, Menteri Sekretaris Negara, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Haji Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, kata Pratikno memimpin saat memimpin prosesi upacara pemakaman.

Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka, sambungnya.

Baca Juga: Penggodokan Draf RUU Provinsi Sumut, PJ Sekda Sumut Singgung Masalah Perbatasan

Pihak
Pihak keluarga saat memberikan bunga di makam di prosesi pemakaman MenPAN RB Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (Suara.com/Yaumal)

Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan prosesi tembakan tim regu salvo. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga, yang lebih dahulu dilaksanakan oleh keluarga almarhum Tjahjo.

Saat prosesi itu duka yang mendalam tidak dapat disembunyikan keluarga yang ditinggalkan.
Upacara pemakaman kemudian dilanjutkan dengan menaburkan tanah ke liang lahat yang diwakili Arjuna Cakra Candasa putra, Tjahjo Kumolo dari pihak keluarga, lalu disusul oleh Pratikno.

Prosesi pemakaman pun diakhiri dengan doa.

Prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo dihadiri sejumlah pejabat negara di antaranya, para jajaran menteri kabinet Indonesia Maju diantaranya seperti Menteri Sosial Tri Rismahari, Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menkominfo Johnny G Plate hingga Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi.

Sejumlah pejabat dari legislatif seperti Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca Juga: Presiden Putin Jelaskan Hasil Pembicaraan dengan Presiden Jokowi

Adapun jajaran tokoh partai politik juga terlihat dalam proses pemakaman ini, yakni Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, hingga politikus senior Partai Golkar Akbar Tanjung. Kemudian terlihat pula eks Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono.


https://www.suara.com/news/2022/07/01/184343/prosesi-pemakaman-tjahjo-kumolo-berlangsung-khidmat-di-taman-makam-pahlawan-kalibata

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/01/184343/prosesi-pemakaman-tjahjo-kumolo-berlangsung-khidmat-di-taman-makam-pahlawan-kalibata
Tokoh























Graph