Pentingnya Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan

  • 01 Juli 2022 17:06:30
  • Views: 18

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk orang tua maupun wali dengan anak-anak yang akan masuk ke jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah maupun perguruan tinggi, mempersiapkan dana pendidikan merupakan hal yang sangat penting guna menghindari kendala saat pendaftaran berlangsung.

Tahun ajaran baru 2022/2023 akan segera dimulai, pemerintah juga telah mengumumkan penyesuaian kembali aturan terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi anak sekolah.

Persiapan dana tentunya juga untuk mengantisipasi adanya penyesuaian kenaikan uang sekolah, yang mungkin terjadi setiap tahunnya.

Baca juga: Demi Biaya Sekolah Anak, Fuad Bekerja Jadi Driver Ojek Online Sampai Larut Malam

Di Indonesia, penyesuaian biaya pendidikan bisa terbilang cukup tinggi yakni mencapai rata-rata sebesar 10 persen - 20 % per tahun, bahkan ada beberapa sekolah dan perguruan tinggi yang memiliki kenaikan biaya pendidikan sebesar 10 % - 15 % per semester.

Hal ini tentu yang menjadi tolak ukur bagi setiap wali murid untuk dapat mempersiapkan segala kebutuhan dan keperluan biaya pendidikan anak dari jauh jauh hari.

Ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan dan diperhatikan terkait persiapan biaya pendidikan anak. Pertama, melakukan riset terkait biaya pendidikan dari sekolah yang dipilih.

Dengan memahami kisaran biaya pendidikan, para orang tua dan wali murid dapat memperkirakan biaya pendidikan anak mereka dari awal masuk sekolah bahkan hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Perkiraan dana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran dapat dihitung dengan melihat sekolah mana saja yang ingin dituju dan seperti apa kurikulum serta fasilitas pendidikan yang ditawarkan.

Baca juga: 60 Persen Pelajar Jepang Pendapatannya Menurun Minta Pembebasan Biaya Sekolah

Perencanaan dapat dilakukan dengan jangka waktu 5 hingga 10 tahun ke depan. Akan lebih baik jika tidak mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak dengan terburu-buru untuk menghindari kemungkinan pendidikan anak terhambat dikarenakan kondisi keuangan.

Kedua, menghitung biaya pendidikan dengan menghitung besaran inflasi di Indonesia. Setelah mengetahui perkiraan biaya dan jenis pendidikan anak yang ingin dicapai dari sekolah terpilih, para orang tua dan wali murid dapat mulai menghitung total biaya dengan turut memperhitungkan besaran inflasi yang mungkin terjadi.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/01/pentingnya-mempersiapkan-biaya-pendidikan-anak-sejak-dini-ini-sejumlah-hal-yang-perlu-diperhatikan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/01/pentingnya-mempersiapkan-biaya-pendidikan-anak-sejak-dini-ini-sejumlah-hal-yang-perlu-diperhatikan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
topics pembelajaran tatap muka (PTM), PTM,
products ojol,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta,