Tak Pernah Marah dan Mengeluh, Almarhum Tjahjo Kumolo jadi Sosok Panutan Kader Muda PDIP

  • 01 Juli 2022 16:49:40
  • Views: 4

Suara.com - Politisi PDI Perjuangan, Deddy Sitorus mengatakan sosok Tjahjo Kumolo merupakan sosok pejabat pemerintahan dan partai yang memiliki pembawaan tenang.

“Pak Tjahjo itu tipikal orang yang penyabar. Sejak pertama bertemu, dia orang yang gak pernah marah, katanya saat mengikuti prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo di Tempat Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Selain itu, Tjajo juga dikenal merupakan sosok yang tidak pernah mengeluh dan selalu responsif ketika dihubungi, meski memiliki rutinitas yang padat sebagai menteri dan juga sebagai kader PDI Perjuangan.

Polisitis
Polisitis PDIP Deddy Sitorus saat ditemui awak media di Taman Makam Pahlawan, Kalibata Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) (Faqih Fathurrahman)

“Saya kenal Pak Tjahjo itu orang yang yang pernah ngeluh. Dia juga responsif, terutama waktu dia masih jadi Mendagri. Kami WA (WhatsApp) jam 2 malam mungkin gak dijawab, tapi pas jam 5 subuh itu pati dia balas, katanya.

Baca Juga: Jenazah Tjahjo Kumolo Dibawa ke Masjid Quba KemenPAN RB untuk Disalatkan, Lantunan Tahlil Iringi Keberangkatan

Selama menjadi kader partai besutan Megawati Soekarnoputri, lanjut Deddy, Tjahjo dikenal sebagai kader yang lurus dan bersih. Dalam hal ini tidak pernah melakukan manuver politik atau bermain dua kaki dengan partai lain.

Terpenting, ungkap Deddy, Tjahjo merupakan sosok orang yang sangat mengayomi kader partai yang masih junior. Ia juga tidak pernah membedakan kader muda.

“Dua selalu bisa menjadi abang, orang tua bagi kader-kader muda. Tidak pernah membeda-bedakan kader lama-baru, sudah berpengalaman atau tidak.

Menpan
Menpan RB Tjahjo Kumolo. [Suara.com/Ria Rizki]

Tjahjo Kumolo dinyatakan meninggal dunia siang tadi setelah beberapa hari dirawat intensif di RS Abdi Waluyo karena infeksi paru-paru.

Sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, Jenazah Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka di Jalan Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.41 WIB. Sebelum dimakamkan, almarhum juga sempat disalatkan di masjid Kantor KemenPAN RB.

Baca Juga: Jokowi : Tjahjo Kumolo Adalah Tokoh Pemuda dan Politisi

Kontributor : Faqih Fathurrahman


https://www.suara.com/news/2022/07/01/162254/tak-pernah-marah-dan-mengeluh-almarhum-tjahjo-kumolo-jadi-sosok-panutan-kader-muda-pdip

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/01/162254/tak-pernah-marah-dan-mengeluh-almarhum-tjahjo-kumolo-jadi-sosok-panutan-kader-muda-pdip
Tokoh









Graph

Extracted

persons Deddy Sitorus, joko widodo, Megawati Soekarnoputri, Tjahjo Kumolo,
companies WhatsApp,
ministries Kemendagri, Kemenpan RB,
parties PDIP,
fasums TMP Kalibata,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Kalibata, Pati,