Fenomena Langka Muncul Salju di Dieng, Berlangsung Selama 1 Dasarian

  • 01 Juli 2022 11:52:11
  • Views: 8

Jumat, 1 Juli 2022 - 11:40 WIB

VIVA – Keindahan alam dataran tinggi Dieng, memang mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Apalagi saat ini, Dieng kembali diselimuti dengan salju embun es yang turut ketika suhu di dataran tinggi Banjarnegara ini mencapai minus 1,68 derajat celcius. Kemunculannya kali ini menandakan proses menuju ke puncak musim kemarau di wilayah Jawa Tengah. 

Suhu minus di dataran tinggi Dieng ini tentu saja akan menambah daya tarik untuk wisatawan. Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan embun ini akan berlangsung selama satu dasarian. 

Terkait fenomena embun es, masih berkaitan dengan adanya dua pusat tekanan rendah (LPA) di belahan bumi utara (BBU), yaitu pusat tekanan rendah 04W berada di Laut China Selatan sebelah barat Filipina dan pusat tekanan rendah 98W di timur laut Filipina, ucap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie disadur dari ANTARA. 

Dia menyebut bahwa kondisi ini ditambah dengan kuatnya Monsoon Australia (angin timur) yang membawa udara kering yang berpengaruh kepada pengurangan curah hujan di Pulau Jawa, terlebih Jawa Tengah sehingga dalam beberapa hari kondisi cuaca di Jateng lebih cerah sampai berawan. 

Namun, kondisi ini bisa bertahan sampai satu dasarian di bulan Juli 2022 (1-10 Juli) dan setelah itu akan kembali basah (musim kemarau) karena pengaruh suhu muka air laut sekitar Jawa yang hangat dan anomali iklim La Nina dengan intensitas lemah dengan probabilitas sekitar 66 persen sampai periode Juli-Agustus 2022. 

Jadi, fenomena tersebut masih dimungkinkan terjadi pada periode dasarian pertama bulan Juli 2022, tutur Setyoajie. 

Disinggung tentang suhu udara di Dieng ketika embun upas muncul pada Kamis dini hari, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, menurut pengamatan pihaknya, suhu di atas pegunungan Dieng berkisar minus 1 derajat Celcius di pukul 04.00 WIB sampai 05.00 WIB.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1492054-fenomena-langka-muncul-salju-di-dieng-berlangsung-selama-1-dasarian

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1492054-fenomena-langka-muncul-salju-di-dieng-berlangsung-selama-1-dasarian
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG,
topics La Nina,
nations Australia, Filipina, Republik Rakyat Cina,
places JAWA TENGAH,
cities Banjarnegara,