Komnas HAM: Jangan Tempatkan Militerisme Sebagai Solusi Setiap Masalah

  • 01 Juli 2022 09:52:19
  • Views: 4

Jumat, 1 Juli 2022 - 08:22 WIB

VIVA – Ketua Komnas HAM Taufan Damanik memperkirakan kedepan pendekatan militer bakal menguat dengan adanya UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara. Dia mencontohkan, kasus Aceh dan Papua yang dilakukan dengan pendekatan militer tidak bisa menyelesaikan konflik di sana. 

Cara kita memandang masalah bangsa harus diperbaiki, tidak semata penyelesaian konflilk/ masalah itu selalu diselesaikan dengan pendekatan militer atau keamanan. Kita  tidak boleh menempatkan militerisme terlalu tinggi sebagai solusi setiap masalah, kata Taufan dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis.

Ketua

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

Taufan mendesak agar kampanye pemerintah untuk merekrut Komponen Cadangan hari ini harus dilawan dengan narasi akan seperti apa Indonesia dalam bayangan kita yang civilized. 

Kita harus melawan dengan narasi yang lebih humanis dan demokratis, serta imajinatif akan seperti apa Indonesia yang humanis dalam bayangan kita ke depan, ucap dia. 

Direktur Eksekutif ELSAM, Wahyudi Djafar menyampaikan hal serupa. Dia menyebut UU PSDN adalah tentang perluasan definisi ancaman pertahanan negara.

VIVA

VIVA Militer: Latihan fisik Komponen Cadangan Pertahanan (Ilustrasi)


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1492006-komnas-ham-jangan-tempatkan-militerisme-sebagai-solusi-setiap-masalah

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1492006-komnas-ham-jangan-tempatkan-militerisme-sebagai-solusi-setiap-masalah
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ahmad Taufan Damanik,
organizations FPI,
ngos Komnas HAM,
nations Indonesia,
places Aceh, DKI Jakarta, PAPUA,
cases HAM, penembakan,