Dongkrak Harga Sawit, Pemerintah Diminta Tugaskan BUMN Pangan Lakukan Penyerapan

  • 01 Juli 2022 09:06:59
  • Views: 14

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah diminta menugaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pangan untuk menyerap tandan buah segar (TBS) sawit, sebagai upaya menaikkan harga komoditas tersebut. 

Naikkan harga TBS maka harus mempercepat penyerapannya dari petani atau perkebunan sawit rakyat dengan menugaskan BUMN pangan baik PTPN, Bulog, dan BUMN terkait lainnya, kata Anggota Komisi VI DPR Amin Ak saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Menurutnya, pendanaan untuk penyerapan TBS secara besar-besaran tersebut, bisa menggunakan skema pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Baca juga: Tekan Emisi Karbon, PTPN Group Bangun Pabrik BioCNG Berbahan Baku Limbah Cair Kelapa Sawit

BUMN pangan harus tampil sebagai badan penyangga stok CPO sehingga mampu menyelamatkan perkebunan sawit rakyat, sekaligus mengendalikan harga minyak goreng ke tingkat yang terjangkau masyarakat, khususnya masyarakat kelas menengah dan bawah, paparnya. 

Dalam jangka panjang, kata Amin, penyerapan TBS petani maupun perkebunan sawit rakyat bisa menjadi alat penyeimbang penguasaan stok CPO, di mana saat ini produksi Holding BUMN Pangan atau PTPN hanya menguasai 4 persen dari total produksi CPO nasional.

Baca juga: Harga CPO Anjlok Tapi Minyak Goreng Masih Mahal, Ekonom: Pengusaha Cari Untung di Dalam Negeri

Dengan menggandeng petani sebagai mitra, maka hal itu bisa memperbesar penguasaan stok CPO oleh BUMN Pangan, ucap politikus PKS itu. 

Sebagai badan penyangga, Bulog dan BUMN pangan lainnya bisa melakukan operasi pasar untuk menurunkan harga minyak goreng agar lebih terjangkau oleh masyarakat, sambung Amin. 

Selain itu, Amin menilai pemerintah harus memperluas dan memperkuat kerja sama dagang bilateral, maupun multilateral dengan berbagai negara di luar importir besar CPO, termasuk ekspor dalam bentuk minyak goreng atau produk turunan lainnya. 

Amin menyebut, kondisi sekarang harus dijadikan momentum untuk mengubah kebijakan minyak goreng sawit dari berbasis perdagangan ke industri pengolahan.

Baca juga: Sawit Sumbermas Sarana Raih Pembiayaan Sindikasi Rp 3,6 Triliun


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/01/dongkrak-harga-sawit-pemerintah-diminta-tugaskan-bumn-pangan-lakukan-penyerapan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/01/dongkrak-harga-sawit-pemerintah-diminta-tugaskan-bumn-pangan-lakukan-penyerapan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Amin Ak,
companies Dana, YouTube,
ministries DPR RI, Komisi VI DPR,
bumns PTPN Group,
parties PKS,
topics ekspor,
products CPO,
places DKI Jakarta,