Mengenal Kombes Nurul Azizah, Perwira Polri Sukses Raih Gelar Doktor

  • 01 Juli 2022 06:46:53
  • Views: 4

JAKARTA - Kombes Nurul Azizah merupakan seorang perwira menengah Polri yang lahir pada 5 November 1972 di Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Ia dikenal sebagai perwira wanita yang mempunyai segudang prestasi, baik itu kiprahnya di kepolisian maupun di bidang akademik.

Kombes Nurul Azizah kini menjabat sebagai juru bicara Polri, atau lebih tepatnya Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri. Ia memangku jabatan ini sejak 20 Juni 2022. Kombes Nurul Azizah menggantikan Kombes Gatot Repli Handoko yang dipromosikan menjadi Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri. Hebatnya, wanita yang berpangkat Komisaris Besar Polisi ini merupakan polwan pertama yang pernah mengemban tugas tersebut. Sebelum menjadi jubir Polri, Kombes Nurul Azizah rupanya juga telah lama berkiprah di kepolisian.

Karier Kombes Nurul di kepolisian berawal dari masuk Sekolah Bintara Polwan pada tahun 1991. Di tahun selanjutnya yaitu 1992, ia sempat ikut kursus Dasba Operator Komputer Hankam. Tidak cukup sampai di situ, polwan cantik ini melanjutkan pendidikannya ke jenjang D3 Ilmu Kepolisian pada 1994 dan lulus tepat waktu di tahun 1997.

Baca juga: Polwan Dipromosi Jadi Irjen, Polri: Komitmen dengan Kesetaraan Gender

Pada 1998, Kombes Nurul menempuh pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa). Di Setukpa, ia lantas mendapat pangkat Letnan Dua atau Inspektur Polisi Dua. Pangkat ini membawa Kombes Nurul menjadi Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI. Kemudian, di tahun 2000, ia dipindahtugaskan ke Mabes Polri sebagai Staf Perencanaan Umum dan Anggaran. Sejak itulah Kombes Nurul sering berkutat di bidang perencanaan, pengembangan, dan penganggaran Polri.

Baca juga: 3 Tokoh Polwan Paling Populer di Indonesia, Ada yang Berpangkat Jenderal

Tahun 2005, Kombes Nurul berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Empat tahun setelahnya atau di tahun 2009, ia naik pangkat menjadi Komisaris Polisi (Kompol). Kemudian di tahun 2010, Kombes Nurul ditugaskan di Polda Metro Jaya dan Pamen PTIK. Pada Juli 2014, ia kembali naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). 

Tiga tahun kemudian, yakni tahun 2017, ia menjadi Kasubbag Monevtala Rolemtala Srena Polri. Tahun 2018, Kombes Nurul ditugaskan menjadi Kasubbaglemwil Baglem Rolemtala Srena. Tahun 2019, ia menjadi Kabag Jianalis Rolemtala Srena Polri. Kemudian, pada Juni 2022, Kombes Nurul resmi menjadi Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri.

Selain mempunyai karier yang cemerlang, Kombes Nurul juga mementingkan pendidikan kepolisiannya. Hal ini terlihat dari riwayat pendidikannya yang cemerlang. Seperti yang terdata di laman PDDikti, Kombes Nurul telah menempuh pendidikannya hingga ke jenjang S3. Pada tahun 2007, ia lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian dengan mengantongi gelar sarjana. Beberapa tahun kemudian, ia kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2012. Kemudian, ia juga berhasil meraih gelar doktornya di Universitas Negeri Jakarta setelah menamatkan S3 di tahun 2017.

Dengan kegigihannya belajar hingga tingkat S3, Komber Nurul dipercaya menjabat sejumlah posisi penting. Di antaranya, pada tahun 2015 menjadi Kasubbag Prodi S3 STIK/PTIK, kemudian menjadi dosen utama STIK Lemdiklat pada tahun 2020 serta menjadi Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana Lemdiklat Polri.

Baca juga: Kronologi Polwan Tertangkap Basah Berduaan dengan Oknum Pendeta di Ambon


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/30/337/2620968/mengenal-kombes-nurul-azizah-perwira-polri-sukses-raih-gelar-doktor?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/30/337/2620968/mengenal-kombes-nurul-azizah-perwira-polri-sukses-raih-gelar-doktor?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gatot Repli Handoko, Handoko,
companies ADA,
ministries Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polisi,
institutions Universitas Indonesia, UNJ,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, MALUKU,
cities Ambon, Semarang,