Cek Fakta: [SALAH] Beli BBM Harus Pakai Aplikasi MyPertamina

  • 30 Juni 2022 16:01:43
  • Views: 11

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya ketentuan ini masih merupakan rencana dari pemerintah. Nantinya kebijakan ini juga hanya ditujukan secara khusus untuk masyarakat yang membeli dan berhak atas bahan bakar bersubsidi seperti pertalite.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/L2nLN
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid07Zn4oAhwdRvdiX2f7xdiXVZKH2EFQJs8r4pKWpyejUKdRnGanFBnJsYWPGJNuZkql&id=100002364525470

width=654

=====
[NARASI]:

“Bukankah di SPBU dilarang MENGGUNAKAN HANDPHONE, lalu kenapa sekarang BELI BBM wajib Gunakan Aplikasi My PERTAMINA?

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook dengan nama akun Alana Alfanayra. Dalam unggahannya disebutkan sebuah klaim yang menyatakan bahwa saat ini, pembelian bahan bakar di SPBU Pertamina harus melalui aplikasi MyPertamina. Ditambahkan pula, pembelian bahan bakar melalui aplikasi ini sangat bertentangan dengan kebijakan dari Pertamina sendiri yang melarang penggunaan alat elektronik di sekitaran SPBU.

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, ditemukan kekeliruan yang terkandung di dalam narasi ini. Sampai saat ini, tidak ada klaim dari pemerintah yang menyatakan bahwa pembelian bahan bakar di SPBU harus menggunakan aplikasi MyPertamina.

Namun melansir dari artikel Kompas.com, saat ini pemerintah tengah melakukan perencanaan terhadap ketentuan pembelian bahan bakar bersubsidi seperti Pertalite yang harus melalui aplikasi MyPertamina. Rencana tersebut sebagai bagian dari skema subsidi tertutup agar penyaluran BBM subsidi tepat sasaran.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan, penggunaan MyPertamina membantu mendata dan membatasi pembelian. Data yang masuk ke dalam aplikasi, menurutnya akan diverifikasi oleh pihak BPH Migas untuk memastikan bahwa pembeli Pertalite memang pelanggan yang berhak.

Terkait dengan penggunaan MyPertamina yang melibatkan penggunaan alat elektronik di SPBU juga telah diatur untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Penggunaan alat elektronik seperti untuk membuka aplikasi atau melakukan pembayaran telah diatur dan tidak dilakukan pada saat sedang mengisi bensin atau bahan bakar lainnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa pembelian BBM sudah harus menggunakan aplikasi MyPertamina merupakan informasi hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/11/110400765/cara-beli-bbm-subsidi-pakai-aplikasi-mypertamina

width=631

https://www.cnbcindonesia.com/market/20220610094605-17-345918/begini-cara-beli-pertalite-solar-pakai-mypertamina-di-spbu

width=610

https://amp.terkini.id/read/td-321868/beli-bbm-wajib-pakai-aplikasi-mypertamina/

width=697
width=720


https://kabartangsel.com/cek-fakta-salah-beli-bbm-harus-pakai-aplikasi-mypertamina/

Sumber: https://kabartangsel.com/cek-fakta-salah-beli-bbm-harus-pakai-aplikasi-mypertamina/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Facebook,
bumns PT Pertamina, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk,
institutions Universitas Sumatera Utara,
fasums SPBU,
places JAWA BARAT, Sumatera Utara,
cities Cianjur,
cases covid-19,