Sebagai Salah Satu PTS Terbaik, Simak Terobosan Gunadarma Selama Pandemi Covid-19

  • 30 Juni 2022 10:50:17
  • Views: 10

Suara.com - Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan survei webometrics tahun 2020. Sebagai PTS terbaik ke-6 di Indonesia, tentunya Universitas Gunadarma selalu menghadirkan banyak terobosan dari mahasiswa berprestasi.

Bahkan ketika pandemi Covid-19, universitas ini juga memberikan banyak penemuan baru yang membantu perawatan pasien. Prestasi ini menjadi hal yang membanggakan karena menunjukkan kualitas SDM yang unggulan. Hal ini juga membuktikan bila mahasiswa Indonesia mempunyai kemampuan dan bakat yang berguna bagi banyak orang. 

Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik

Perjalanan Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik tidaklah sebentar. Universitas ini didirikan pada 7 Agustus 1981 dan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya hingga saat ini. Penilaian peringkat PTS terbaik dilakukan oleh Webometrics, sebuah lembaga survey asal Spanyol dengan menerapkan empat indikator, yaitu presence, visibility, transparency atau openness, dan excellence atau scholar.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan jika Tidak Diterima SBMPTN

Indikator presence dilihat berdasarkan jumlah halaman domain web utama universitas dengan besar nilai 5 persen. Indikator visibility dinilai berdasarkan jumlah jaringan eksternal yang dikaitkan pada halaman web universitas dengan besaran nilai 50 persen. Sedangkan indikator transparency atau openness dinilai dari jumlah kutipan berdasarkan 110 authors atau penulis teratas dengan nilai 10 persen. Indikator terakhir yaitu excellence dinilai berdasarkan jumlah makalah yang pernah diterbitkan selama periode lima tahun dengan nilai 10 persen.

Ilustrasi
Ilustrasi mengajar. (Pexels.com)

Terobosan Universitas Gunadarma

Gelar PTS terbaik tidak hanya diberikan pada Universitas Gunadarma tanpa alasan. Universitas yang mempunyai beberapa kampus tersebar di Jabodetabek ini mampu memberikan terobosan baru yang segera bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika masa pandemic covid-19, Universitas Gunadarma mampu memberikan beberapa terobosan penting seperti berikut ini.

Robot ventilator

Terobosan pertama yang berhasil diciptakan oleh Universitas Gunadarma adalah robot ventilator. Ventilator adalah alat bantu pernapasan yang dibutuhkan untuk pasien yang kesulitan bernapas. Alat ini menjadi salah satu alat kesehatan penting selama covid-19 dan keberadaannya sempat langka. Penemuan robot ventilator ini tentu menjadi satu hal yang menggembirakan karena bisa langsung digunakan dan berguna bagi banyak orang.

Baca Juga: Sistem Belajar di Universitas Terbuka, Fleksibel Namun Tetap Berkualitas

Proyek robot ventilator ini diinisiasi oleh Insinyur Yohanes Kurnia dan dibantu oleh dokter Bhakti Gunawan dan Profesor Adang Suhendra. Ada tiga fakultas yang terlibat pada proyek ini yaitu fakultas teknik industri, fakultas ilmu komputer, dan fakultas kedokteran. Ketiga instruktur ini dibantu dengan mahasiswa berhasil menciptakan robot ventilator yang bisa langsung diproduksi secara massal untuk memenuhi permintaan jumlah ventilator.


https://www.suara.com/news/2022/06/30/100000/sebagai-salah-satu-pts-terbaik-simak-terobosan-gunadarma-selama-pandemi-covid-19

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/30/100000/sebagai-salah-satu-pts-terbaik-simak-terobosan-gunadarma-selama-pandemi-covid-19
Tokoh



Graph

Extracted

persons Gunawan,
companies ADA,
products ventilator,
nations Indonesia, Spanyol,
cities Jabodetabek,
cases covid-19,