DPR Bilang Investasi Telkomsel di GOTO Menguntungkan, Makanya Perlu Didukung

  • 29 Juni 2022 21:07:04
  • Views: 7

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rapat Panja Komisi VI tentang investasi BUMN di perusahaan digital banyak menyoroti valuasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). 

Sejumlah anggota panja bertanya kinerja saham GOTO, harga wajar saat ini dan proyeksi ke depan. Hal tersebut disampaikan anggota panja Komisi VI dari Fraksi PDIP Evita Nursanty

“Jadi, menurut Anda, saham GOTO ini bagus untuk investasi atau tidak? Kan GOTO masih rugi?, ujar Evita saat rapat, Rabu (29/6/2022).

Anggota panja lainnya dari Fraksi PDIP, Harris Turino, mempertanyakan metode valuasi yang digunakan Edwin Sebayang dalam menyusun forecast. 

“Jika forecast anda benar, artinya kapitalisasi pasar GOTO bisa mencapai lebih dari Rp560 triliun. Apakah masuk akal? Wah, berarti kita harus beli saham GOTO dari sekarang dong, katanya yang disambut gelak tawa anggota lainnya. 

Evita menegaskan investasi Telkomsel ke GOTO adalah keputusan yang tepat, menguntungkan dan bernilai strategis. “Jadi, kita harus dukung keputusan investasi ini, katanya.   

Baca juga: Gelar RUPST Perdana Pasca IPO, Pemegang Saham Apresiasi Kinerja Positif GOTO

Ditanya soal valuasi, Edwin menjelaskan beberapa metode. Mulai dari harga dibanding transaksi bruto (GTV), rasio price book value (PBV) hingga menghitung potensi bisnis ke depan. 

“Setiap sekuritas punya cara melakukan valuasi. Kami di MNC Sekuritas menghitung harga wajar saham GOTO di Rp500. Jadi masih punya upside cukup besar ke depannya. Jadi, ini investasi yang bagus, kata Edwin di hadapan forum Panja Komisi VI. 

Baca juga: Soal Investasi Telkomsel ke GoTo, Ini Kata Dirut Telkom Kepada DPR

Edwin menjelaskan pergerakan harga saham seperti GOTO dipengaruhi banyak faktor. Target price Rp500 bisa jadi akan tercapai dalam waktu dekat, akhir tahun atau bisa juga tidak tercapai. 


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/dpr-bilang-investasi-telkomsel-di-goto-menguntungkan-makanya-perlu-didukung

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/dpr-bilang-investasi-telkomsel-di-goto-menguntungkan-makanya-perlu-didukung
Tokoh





Graph