Kunjungi Jepang, Menperin Sebut Industri Minyak Atsiri Terima Investasi 7 Juta Dolar AS

  • 29 Juni 2022 21:08:04
  • Views: 14

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita terus memacu industri hilir minyak atsiri untuk menguasai riset inovasi teknologi produk dan proses produksi agar mampu mengikuti laju daur hidup produk atsiri yang sangat cepat.

Industri atsiri didorong untuk memperkuat aspek keberlanjutan (sustainability) dan ramah lingkungan sehingga bisa berdaya saing global dan memenuhi kebutuhan konsumen saat ini.

Kami meminta Ogawa International dapat membuat semacam pusat riset atsiri hulu-hilir di indonesia. Hal ini agar Ogawa dapat memperluas atau menghilirkan minyak atsiri di pabrik Karawang, tutur Agus saat bertemu dengan jajaran direksi Ogawa & Co., Ltd. di Tokyo, Jepang, Selasa (28/6/2022).

Pabrik PT Ogawa Indonesia di Karawang memiliki total kapasitas produksi sebesar 3.440 ton per-tahun.

Menperin menambahkan, Ogawa akan bekerja sama dengan perguruan tinggi seperti IPB University dalam rangka kegiatan penelitian dan pengembangan bahan baku flavors and fragrances.

Pada tahun 2022-2027, secara bertahap mereka akan melakukan investasi sebesar 7 juta dolar AS guna peningkatan kapasitas, optimasi teknologi dan penerapan industri 4.0. Investasi ini akan menjadikan PT Ogawa Indonesia sebagai hub di Asia untuk produksi flavor dan fragrance, ungkap Menperin.

Baca juga: Nilai Ekspor Capai 83,9 Juta Dolar AS, LPEI Dorong UMKM Perluas Pasar Minyak Atsiri

President and CEO Ogawa & Co., Ltd. Yutaka Ogawa, menyampaikan PT Ogawa Indonesia telah menerima manfaat dari teknologi RnD dan pengetahuan bidang manufaktur dari Ogawa Jepang, yang memiliki pengalaman lebih dari 110 tahun di industri rasa (flavors) dan wewangian (fragrances). 

Baca juga: Minyak Kayu Putih Asli Pulau Buru jadi Primadona di Masa Pandemi Covid-19

Ogawa berusaha untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Ogawa sangat menghargai dan selalu menyambut bergabung dengan penelitian dan pengembangan kerja dengan pelanggan, terang Ogawa.

Representative President Director PT Ogawa Indonesia Takashi Hamaguchi, menjelaskan pihaknya berperan sebagai lokasi manufaktur utama untuk rasa dan wewangian ke pasar Asia dan memasok bahan-bahan yang berasal dari Asia Tenggara.

Baca juga: Pelarangan Ekspor Minyak Sawit Bakal Kurangi Penerimaan Bea Keluar

PT Ogawa Indonesia menyediakan sejumlah besar bahan alami yang tumbuh di Asia Tenggara untuk grup Ogawa. Bahkan, banyak produk dari PT Produk Ogawa Indonesia telah mendapatkan sertifikasi Halal. Pada tahun 2010, PT Ogawa Indonesia memperoleh sertifikat Halal Assurance System (HAS). Selain itu, telah memiliki sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH), kata Hamaguchi.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/kunjungi-jepang-menperin-sebut-industri-minyak-atsiri-terima-investasi-7-juta-dolar-as

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/kunjungi-jepang-menperin-sebut-industri-minyak-atsiri-terima-investasi-7-juta-dolar-as
Tokoh



Graph

Extracted

persons Agus Gumiwang Kartasasmita,
companies YouTube,
institutions IPB,
topics ekspor,
products dolar AS, UMKM,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Karawang, Kayu Putih, Tokyo,
cases covid-19,