Investor Dukung Rencana Zimbabwe Cetak Koin Emas untuk Atasi Inflasi

  • 29 Juni 2022 19:06:59
  • Views: 7

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, HARARE – Zimbabwe akan memperkenalkan koin emas yang memungkinkan investor untuk menyimpan nilai di dalam negeri sekaligus mengatasi inflasi.

  1. Zimbabwe saat ini mengalami tekanan inflasi yang tidak terkendali dan mata uang lokal Zimbabwe terus terdevaluasi dengan cepat terhadap mata uang utama.

Dikutip dari Aljazeera, Rabu (29/6/2022) langkah ini dilakukan setelah inflasi pada bulan Mei melonjak dari 132 persen menjadi 191,6 persen.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (27/6), kepala bank sentral John Mangudya mengumumkan koin emas baru akan tersedia melalui lembaga perbankan normal.

“Komite Kebijakan Moneter Bank Cadangan Zimbabwe (MPC) memutuskan untuk memperkenalkan koin emas ke pasar sebagai instrumen yang memungkinkan investor menyimpan nilai, kata Mangudya.

“Koin emas akan dicetak oleh Fidelity Gold Refinery (Private) Limited dan akan dijual ke publik melalui saluran perbankan normal. imbuhnya.

Baca juga: RI Teken Perjanjian Hibah dengan Mozambik dan Zimbabwe di Jakarta

Fidelity Gold Refinery (Private) Limited adalah satu-satunya entitas pembeli dan pemurnian emas di Zimbabwe yang dimiliki oleh bank sentral.

Komite kebijakan moneter bank sentral menyatakan keprihatinan besar pada kenaikan inflasi baru-baru ini, yang meningkat sebesar 30,7 persen.

Baca juga: Penyebab Kematian Misterius 12 Gajah Liar di Zimbabwe Ditemukan

Pihak berwenang sedang berjuang untuk menarik Zimbabwe dari cengkeraman krisis ekonomi yang ditandai dengan inflasi tinggi, mata uang lokal yang merosot dengan cepat, 90 persen pengangguran dan penurunan produksi manufaktur.

Inflasi negara itu berada dalam tren naik dalam tiga bulan terakhir karena tekanan inflasi meningkat, didorong oleh berlanjutnya pelemahan dolar Zimbabwe yang diperdagangkan pada 1.650 dolar AS di pasar gelap.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/investor-dukung-rencana-zimbabwe-cetak-koin-emas-untuk-atasi-inflasi

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/investor-dukung-rencana-zimbabwe-cetak-koin-emas-untuk-atasi-inflasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies YouTube,
products dolar AS, emas,
nations Mozambik, Zimbabwe,
places DKI Jakarta,
cases pengangguran,
animals Gajah,