Kemenparekraf Dorong Sinergi Seluruh Pihak Kembangkan Industri Pariwisata Berkelanjutan

  • 29 Juni 2022 15:06:47
  • Views: 5

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata 2022.

Kali ini Sosialisasi Sadar Wisata bertempat di Destinasi Pariwisata Prioritas Bromo-Tengger-Semeru (BTS), tepatnya di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang, 28-29 Juni 2022.

Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Frans Teguh menegaskan, pentingnya kontribusi setiap pihak dalam mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan.

Baca juga: Jumlah Kunjungan Dibatasi, Konsep Taman Nasional Komodo Akan Diubah Jadi Pariwisata Berkelanjutan

“Pariwisata adalah bisnis tentang kepercayaan sehingga semua pelaku pariwisata harus mengambil peran dan berkontribusi, tourism is everybody business, kata Frans dikutip Rabu (29/6/2022).

Frans berujar, kekuatan pariwisata saat ini berada di wilayah pedesaan, sehingga hal paling mendasar dan diperlukan dalam mewujudkan pariwisata berkualitas adalah standar pelayanan yang prima sebagai tuan rumah.

“Para pelaku pariwisata tentu berharap para wisatawan merasa betah, nyaman, berkunjung dalam durasi yang lama bahkan akan datang kembali. Untuk itu aktivitas wisata yang ditawarkan harus memberikan pengalaman terbaik dan unik sehingga menarik bagi wisatawan, ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, potensi pariwisata harus dikelola melalui berbagai aspek, seperti kebersihan, keramahtamahan, keamanan dan kenyamanan, dan yang tak kalah penting adalah peran aktif warga desa wisata.

“Warga harus betul-betul sadar wisata, menjadi  bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, paparnya.

Sandiaga menegaskan, Indonesia memiliki keindahan alam luar biasa, kebudayaan yang sangat luhur namun harus tingkatkan terus dengan konsep pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. 

Untuk itu, dibutuhkan keterlibatan para pelaku wisata maupun warga desa wisata, urai Menparekraf.

Baca juga: Kemenparekraf Tingkatkan Pemahaman Sadar Wisata kepada Pelaku Pariwisata di Pedesaan

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati mengatakan, kepariwisataan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan semua pihak, termasuk masyarakat.

Ia mengajak semua pihak mendukung keberlangsungan perkembangan pariwisata tetap terjaga. 

Begitu pula untuk program Kampanye Sadar Wisata yang akan berjalan pada 2022 hingga 2023.

“Setelah 2023, bagaimana kita bersama-sama termasuk pemerintah daerah, tokoh masyarakat, melanjutkan sinergitas ini agar tetap diteruskan, tuturnya.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/kemenparekraf-dorong-sinergi-seluruh-pihak-kembangkan-industri-pariwisata-berkelanjutan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/29/kemenparekraf-dorong-sinergi-seluruh-pihak-kembangkan-industri-pariwisata-berkelanjutan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sandiaga Uno,
ministries kemenparekraf,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Lumajang, Pasuruan, Probolinggo,
musicclubs BTS,