Hari Ini, Komisi III Putuskan Hasil Uji Kelayakan Calon Hakim Agung

  • 29 Juni 2022 08:46:31
  • Views: 10

JAKARTA - Sebanyak 6 calon hakim agung (CHA) dan calon hakim Ad Hoc Tipikor di Mahkamah Agung (MA) telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR, kemarin. Fit and proper test bagi 5 calon hakim lainnya akan dilanjutkan Komisi III hari ini, Rabu (29/6), dan dilanjutkan pengambilan keputusan.

Komisi III DPR akan menggelar rapat pleno pada Rabu sore untuk memutuskan siapa yang lolos, kata Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Rabu (29/6/2022).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR Adies Kadir saat membuka Uji Kepatutan dan Kelayakan menjelaskan, setiap calon hakim agung diberikan alokasi waktu uji kelayakan paling lama 60 menit termasuk 10 menit yang disampaikan untuk menyampaikan pokok-pokok makalah. Pertanyaan ditanyakan masing-masing Fraksi selama 3 menit kepada masing-masing calon hakim agung yang pelaksanaannya diatur oleh pimpinan rapat Komisi III DPR RI.

“Setelah selesai pelaksanaan proses ini, masing-masing calon hakim agung diminta menandatangani surat pernyataan yang telah disediakan oleh Komisi III DPR RI, terang politikus Partai Golkar ini.

Enam calon hakim yang mengikuti uji kelayakan kemarin di antaranya: Calon Hakim Agung Kamar Agama Abdul Hakim, Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak Triyono Martanto, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Subiharta, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Suradi, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Wilem Saija dan Sudharmawatiningsih.

Sementara 5 calon hakim lainnya yang akan menjalankan uji kelayakan hari ini, di antaranya CHA Kamar Perdata Nani Indrawati, CHA Kamar Tata Usaha Negara Khusus Pajak Cerah Bangun, dan 3 Calon hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi di MA Agustinus Purnomo Hadi, Arizon Mega Jaya, dan Rodjai S Irawan.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/29/337/2620119/hari-ini-komisi-iii-putuskan-hasil-uji-kelayakan-calon-hakim-agung?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/29/337/2620119/hari-ini-komisi-iii-putuskan-hasil-uji-kelayakan-calon-hakim-agung?page=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Abdul Hakim, Adies Kadir, Khairul,
ministries DPR RI, Komisi II DPR, Komisi III DPR RI, MA,
parties Golkar,
fasums Kompleks Parlemen Senayan,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,
cases korupsi, Tipikor,