Perkenalkan TAP-MNV, Solusi Keamanan Digital dari Telkomsel

  • 28 Juni 2022 17:36:09
  • Views: 14

Merdeka.com - Berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat disepanjang tahun 2021 telah terjadi 1,6 miliar serangan siber di Indonesia yang meliputi peretasan, phishing, scam dan lain sebagainya.

Mengingat besarnya potensi kejahatan siber di berbagai sektor industri digital, mendorong Telkomsel untuk terus bergerak maju dalam menghadirkan solusi keamanan digital yang komprehensif dengan menghadirkan Mobile Network Verification (MNV) yang merupakan bagian dari solusi Telkomsel Authentication Protection (TAP). Solusi ini dikhususkan bagi pelanggan enterprise.

taboola

Menurut Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo, solusi keamanan digital TAP-MNV memungkinkan pengguna melakukan otentikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon (MSISDN) dengan memanfaatkan jaringan operator selular secara real-time. Sistem TAP-MNV akan melakukan validasi URL tersebut hanya diketahui oleh device atau merchant dan TAP-MNV sehingga menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik.

Validasi URL juga tidak terbatas hanya pada jaringan Telkomsel saja, tapi bisa dilakukan walaupun pengguna menggunakan Wi-Fi atau bahkan operator selain telkomsel, kata Hanang saat konferensi pers di Kantor Telkomsel, Selasa (28/6).

TAP-MNV memiliki 3 fitur unggulan yang dapat memberikan keamanan secara komprehensif. Pertama seamless authentication, dimana proses otentikasi tidak melibatkan pengguna sama sekali. Kedua secure authentication, tidak ada informasi keamanan yang diterima pengguna, sehingga menghilangkan kemungkinan pihak ketiga mengakses pada perangkat lain. Ketiga, easier to develop, tidak memerlukan banyak resource untuk pengembangannya karena proses otentikasi terjadi melalui carrier network.

Dengan semua keunggulan tersebut, solusi keamanan digital TAP-MNV akan semakin meningkatkan kepercayaan dan pengalaman pelanggannya, karena proses otentikasi dilakukan dengan cepat, serta dapat mengurangi resiko pencurian data atau pengambilalihan akun, kata Hanang.

[faz]

https://www.merdeka.com/teknologi/perkenalkan-tap-mnv-solusi-keamanan-digital-dari-telkomsel.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/perkenalkan-tap-mnv-solusi-keamanan-digital-dari-telkomsel.html
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BSSN,
bumns PT Telekomunikasi Selular,
nations Indonesia,
cases kejahatan siber, pencurian, serangan siber,