Status Kasus Roy Suryo Akan Dipastikan Sore Ini Terkait Meme Patung Mirip Jokowi

  • 28 Juni 2022 14:46:28
  • Views: 5

JAKARTA - Status mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dalam dugaan kasus penistaan agama bakal disampaikan pada hari ini di Polda Metro Jaya.

Dalam kasus meme Patung Sang Budha di Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Joko Widodo, Roy Suryo menjadi pelapor sekaligus terlapor. Dari dua laporan dan terlapor tersebut, polisi bakal menentukan mana yang akan naik statusnya.

 BACA JUGA:Gaduh Promosi Holywings, Ini Fatwa MUI tentang Minuman Beralkohol

Nanti penyidik akan menentukan hari ini, kasus laporan mana yang bisa naik ke tingkat penyidikan, ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Hasil penyelidikan dan gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik hari ini akan disampaikan dalam konferensi pers pada Selasa sore. Dalam update akan dijelaskan mana kasus yang akan naik dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Belum bisa sampaikan detilnya. Hari ini akan dilihat, kemudian sore kami update dari tiga laporan ini mana yang naik ke penyidikan. Sore nanti updatenya, jam 16.00 WIB, ungkap Zulpan.

Zulpan sebelumnya menjelaskan bahwa saat ini penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tengah menangani tiga laporan dugaan kasus penistaan agama terkait unggahan meme Patung Sang Budha yang diedit mirip wajah Jokowi.

Laporan pertama, Roy Suryo melalui kuasa hukumnya, Pitra Romadoni melaporkan tiga akun media sosial yang pertama kali mengunggah meme Patung Sang Budha tersebut.

Sementara dua laporan lainnya, terkait unggahan meme Patung Sang Budha oleh Roy Suryo di akun media sosial pribadinya. Dalam hal ini, Roy Suryo berstatus sebagai terlapor dugaan kasus penistaan agama.

 BACA JUGA: Marshanda Sudah Ditemukan, Berapa Lama Fase Manic Biasanya Berlangsung?

Ini berdasarkan laporan pada 20 Juni 2022, di mana pelapor atas nama Kurniawan santoso dan terlapor atas nama Roy Suryo, ungkap Zulpan.

Kemudian laporan yang dilaporkan di Bareskrim oleh saudara Kevin Wu pada 20 juni 2022. Terhitung hari ini telah dilimpahkan Polda Metro Jaya, sambungnya.

Dengan adanya tiga laporan tersebut penyidik akan melakukan penyelidikan secara bersamaan. Selanjutnya, akan diumumkan laporan mana yang dinilai memenuhi unsur dinaikan statusnya ke tahap penyidikan.

 BACA JUGA:Pengangkatan Diduga Benda Bersejarah di Bekasi Tuai Kritikan, Disebut Tak Sesuai SOP

Penyelidikannya beriringan. Jadi yang hari ini sudah ditangani baik Roy Suryo sebagai pelapor dan terlapor. Penyidik bekerja secara maraton, tetapi kecepatan sama, ungkap Zulpan.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/28/337/2619692/status-kasus-roy-suryo-akan-dipastikan-sore-ini-terkait-meme-patung-mirip-jokowi?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/28/337/2619692/status-kasus-roy-suryo-akan-dipastikan-sore-ini-terkait-meme-patung-mirip-jokowi?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons Endra Zulpan, joko widodo, Marshanda, Roy Suryo,
ministries Kemenpora, Polda Metro Jaya, Polisi,
institutions MUI,
religions Budha,
fasums Borobudur,
products fatwa MUI,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi,
cases penistaan agama,