Pelapor Roy Suryo Sambangi Polda Metro, Diperiksa soal Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

  • 28 Juni 2022 12:48:15
  • Views: 6

JAKARTA - Perwakilan umat Budha Nusantara, Kurniawan Santoso mendatangi Polda Metro Jaya pada Selasa (28/6/2022). Dia akan menjalani pemeriksaan terkait laporannya terhadap eks Menpora Roy Suryo soal meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi.

Kurniawan tiba di Polda Metro Jaya didampingi oleh pengacaranya, Herna Sutana. Kedatangannya untuk memberikan keterangan terkait kasus yang dilaporkannya dengan membawa satu orang saksi.

Kita agendanya pemeriksaan pelapor dan juga saksi. Jadi kita akan kasih keterangan terkait masalah laporan dari perwakilan umat Budha Nusantara, kata Herna kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (28/6/2022).

Herna mengatakan, pihaknya turut membawa sejumlah barang bukti tambahan yang akan diserahkan ke penyidik dalam pemeriksaan tersebut. Namun ia tak dirinci barang bukti apa yang dibawanya.

Kita akan menyajikan bukti-bukti yang kita punya yang kita dapat yang kita ketahui itu aja. Ada beberapa bukti tambahan yang kita juga sudah kumpulkan lebih lengkap lagi semua dalam bentuk hardcopy dan bentuk softcopy itu aja, jelas Herna.

Baca juga: Roy Suryo Juga Dilaporkan ke Polda Metro soal Meme Candi Borobudur

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan sebelumnya mengatakan, saksi pelapor Roy Suryo dijadwalkan bakal diperiksa kemarin, Senin 27 Juni 2022. Namun, pelapor meminta penjadwalan ulang sehingga pemeriksaan baru berlangsung hari ini.

Baca juga: Bareskrim Terima Pelaporan terhadap Roy Suryo Terkait Postingan Stupa Borobudur

Dalam kasus ini, Roy Suryo sempat mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi. Unggahan itu viral dan dihapus oleh Roy.

Tidak lama setelahnya, Roy langsung memberikan klarifikasi melalui unggahan lainnya. Dia kemudian menyampaikan permintaan maaf dan mengaku bakal membantu mencari pengunggah pertama meme tersebut.

Dia melaporkan 3 akun yang diduga sebagai pengunggah pertama meme itu ke Polda Metro Jaya. Laporan itu teregister dengan nomor LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 16 Juni 2022.

Beberapa hari kemudian, perwakilan umat Buddha melaporkan Roy lantaran dinilai telah menghina agamanya dengan unggahan itu. Roy dianggap turut andil dalam menyebarkan meme tersebut.

Laporan terhadap Roy itu telah diterima dan teregister dengan nomor LP/B/3042/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 20 Juni 2022. Roy dituduhkan melanggar Pasal 156 A dan atau 28 Ayat 2 Juncto 45 A Ayat 2 UU ITE.

Baca juga: Unggah Foto Lawas Anies saat Muda, Roy Suryo: Adik Kelas Saya SMP


https://megapolitan.okezone.com/read/2022/06/28/338/2619564/pelapor-roy-suryo-sambangi-polda-metro-diperiksa-soal-kasus-meme-stupa-mirip-jokowi?page=1

Sumber: https://megapolitan.okezone.com/read/2022/06/28/338/2619564/pelapor-roy-suryo-sambangi-polda-metro-diperiksa-soal-kasus-meme-stupa-mirip-jokowi?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Endra Zulpan, joko widodo, Roy Suryo,
companies ADA,
ministries Kemenpora, Polda Metro Jaya,
religions Budha,
fasums Borobudur,
products UU ITE,
places DKI Jakarta,