Transaksi Digital MyPertamina Haruskan Pengguna BBM Nyalakan HP di SPBU, Apakah Berbahaya?

  • 28 Juni 2022 12:36:32
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT – Salah satu larangan bagi pengendara ketika hendak mengisi bahan bakar di SPBU adalah menggunakan telepon genggam atau handphone.

Tanda ponsel disilang akan selalu terpampang di tempat pengisian bahan bakar, untuk setiap orang yang datang ke SPBU tanpa terkecuali.

Di sisi lain, PT Pertamina (Persero) telah mengumumkan aplikasi MyPertamina sebagai syarat baru untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

Dari pendaftaran hingga pembayaran seluruhnya dilakukan lewat aplikasi atau laman https://subsiditepat.mypertamina.id/, yang dua-duanya pasti membutuhkan handphone yang aktif.

Baca Juga: Link Pendaftaran Beli Pertalite dan Solar, Cek Nama Anda Terdaftar Sebagai Penerima atau Tidak

Lantas seberapa berbahayakah penggunaan ponsel di SPBU? Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), berikut penjelasannya.

Menurut LIPI, isu-isu mengenai ancaman penggunaan handphone di SPBU tidak seharusnya ditelan mentah-mentah sebab tak sepenuhnya benar.

Daripada ledakan seperti yang tersebar di kalangan awam, LIPI justru mengatakan ada alasan lain terkait pelarangan itu.

Penjelasannya dikemukakan Peneliti utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Harry Arjadi.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014858382/transaksi-digital-mypertamina-haruskan-pengguna-bbm-nyalakan-hp-di-spbu-apakah-berbahaya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014858382/transaksi-digital-mypertamina-haruskan-pengguna-bbm-nyalakan-hp-di-spbu-apakah-berbahaya
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries LIPI,
bumns PT Pertamina,
fasums SPBU,
nations Indonesia,