4 Anggota TNI yang Torehkan Prestasi Sebagai Atlet, 2 di Antaranya Personel Kowad

  • 28 Juni 2022 07:46:34
  • Views: 17

JAKARTA - Gelaran SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam baru saja berakhir. Indonesia berhasil finis di urutan ke-3 dengan mengoleksi 69 medali emas, 91 perak, dan 80 perunggu. Di antara para atlet yang berjuang, ada anggota TNI yang tergabung dalam kontingen Indonesia dan berhasil menyumbangkan medali.

Berikut beberapa atlet anggota TNI yang sukses torehkan prestasi dan membawa medali sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

BACA JUGA: Aprilia Manganang Ternyata Seorang Pria, Ini Perjalanan Kariernya di Dunia Voli

1. Ni Kadek Anny Pandini

Sertu (K) Ni Kadek Anny Pandini adalah prajurit TNI yang tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat atau Kowad yang turun dalam cabang olahraga (cabor) judo. Ia berhasil memboyong medali perak dan mengharumkan nama Indonesia di pentas SEA Games 2021 Vietnam. Perempuan yang akrab disapa Anny ini berdinas di Kodam IX/Udayana.

Anny mewakili Indonesia di nomor beregu putri dan perorangan di kelas 57 kg putri. Melansir Sindonews, Anny memang sudah memiliki banyak prestasi judo, baik di tingkat nasional dan internasional. Pada SEA Games 2019, ia berhasil mempersembahkan 2 medali emas dalam nomor pertandingan berbeda.

BACA JUGA: Aprilia Manganang Ternyata Seorang Pria, Ini Perjalanan Kariernya di Dunia Voli

2. Huswatun Hasanah

Sama seperti Anny, Huswatun Hasanah yang akrab disapa Atun juga merupakan Kowad yang berhasil menyabet medali perak di cabor tinju dengan nomor 60 kg putri di SEA Games 2021. Atun diketahui berdinas di Pusat Peralatan TNI AD atau Puspalad. Sebelumnya, di SEA Games 2019, Atun juga berhasil memboyong medali perak. Selain itu, Atun merupakan perempuan Indonesia pertama yang menembus final di kejuaraan ASBC (Asian Elite Boxing Championship) dengan memperoleh medali perak.

3. Jefri Ardianto Suwarno

Kopda Jefri Ardianto Suwarno merupakan atlet dayung penyumbang medali emas dalam SEA Games 2021 Vietnam. Jefri adalah pasukan Korps Marinir TNI AL, yang terkenal dengan sebutan pasukan hantu laut. Dalam SEA Games, Jefri bertanding bersama Rio Riski Darmawan di nomor Men’s Lightweight Pair. Atas prestasinya itu, Jefri mendapat apresiasi tinggi dari Komandan Batalyon Infanteri-6 Marinir, Mayor Marinir Rismanto Manurung.

4. Sigit Ardian

Atlet voli yang menjadi andalan dalam SEA Games 2021, Sigit Ardian, rupanya merupakan anggota TNI AU. Bersama timnas Indonesia, Sigit berhasil membawa pulang medali emas dengan menggulung timnas Vietnam dalam pertarungan 3 gim langsung. Sebelumnya, tim voli putri Indonesia juga meriah medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Kala itu, Sigit dan kawan-kawan mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 3-0. Pria kelahiran Kebumen, 1 Maret 1993 itu sudah familiar dengan dunia voli lantaran sang ayah yang memang berkecimpung di olahraga tersebut. Di tahun 2010, Sigit mulai bergabung bersama timnas voli putra dan ikut bermain di ajang Asian Games 2010.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/27/337/2618993/4-anggota-tni-yang-torehkan-prestasi-sebagai-atlet-2-di-antaranya-personel-kowad?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/27/337/2618993/4-anggota-tni-yang-torehkan-prestasi-sebagai-atlet-2-di-antaranya-personel-kowad?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU,
events Asian Games, SEA Games,
products emas,
nations Filipina, Indonesia, Vietnam,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Hanoi, Kebumen,