10 Fitur Galaxy S22 Ultra 5G Ini Bikin Foto Mobil dan Model Keren meski Low Light

  • 27 Juni 2022 19:36:07
  • Views: 11

10 Hasil foto menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G pada low light.. ©2022 Merdeka.com/samsungindonesia

Merdeka.com - Ponsel pintar Samsung Galaxy S22 Ultra 5G punya banyak fitur istimewa. Apa itu?

Yakni fitur yang memudahkan pengguna memotret berbagai obyek di pencahayaan rendah (low light) atau disebut Nightography.

taboola

Menariknya, fitur ini juga bermanfaat untuk memotret obyek mobil.

Fitur Nightography membuat pengguna bisa merekam foto dan video dengan jernih, minim noise, dan tajam dalam kondisi cahaya rendah. Alhasil hasil foto dan videonya bak hasil tenaga profesional, ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, dalam rilisnya, kemarin.

Menurut Verry, hasil akhir bagus tersebut dilakukan lewat perpaduan 2.4μm pixel sensor, kamera 108 MP, teknologi Nona-Binning, prosesor Snapdragon 8 gen 1 (4 Nm), dan image signal processor (ISP) berbasis kecerdasan buatan (AI).

Dia mencontohkan. Dalam cahaya redup, lensa Galaxy S22 Ultra 5G otomatis beralih dari lensa 108 MP ke high-sensitivity mode di lensa 12 MP. Atau menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan.

Selain itu, algoritma AI yang cerdas mampu menganalisis tiap frame dan menciptakan detail serta warna lebih jernih dengan menyerap cahaya yang ditangkap kamera.

Nah, fitur-fitur tersebut terasa sekali fungsinya terutama saat memotret mobil pada sore hari menjelang malam. Saat itu matahari terbenam dan pencahayaan hanya mengandalkan lampu sorot.

Tantangannya, bagaimana mendapat foto kedua model serta mobil tetap jernih, tidak noise, dan fokus di kondisi pencahayaan rendah.

Berikut beberapa fitur Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa digunakan untuk memotret mobil dan model di kondisi low light:

1. Matikan flash
Flash memang bisa membantu mendapatkan sumber cahaya lebih untuk menciptakan foto atau video lebih terang di kondisi low light. Namun, untuk mendapatkan cahaya maksimal dan lebih natural, pengguna Galaxy S22 Series 5G hanya perlu mengandalkan fitur Nightography. Fitur inilah yang akan memastikan bahwa foto dan video yang ditangkap di malam hari tampil begitu terang dan epic.

2 dari 3 halaman

2. Night mode

hasil

©2022 Merdeka.com

Cara termudah untuk memotret mobil dengan Galaxy S22 Ultra 5G adalah menggunakan Night Mode. Dengan mode ini, pengguna bisa menangkap keindahan lampu yang menerpa mobil, termasuk ekspresi model dengan jernih dan hasilnya tampak lebih profesional.

Ini berkat teknologi 12-bit HDR, Galaxy S22 Ultra 5G mampu mengumpulkan data warna 64 kali lebih banyak. Alhasil foto dan video terlihat lebih vivid, bahkan di kondisi backlight sekalipun.

3. Mode Portrait
Hasil foto portrait di Galaxy S22 Ultra 5G memang mengejutkan. Ponsel tersebut mampu menangkap gambar detail, sambil tetap mempertahankan warna, fokus, serta menghilangkan noise dengan optimal.

Jadi pengguna bisa lebih bebas memilih angle dan ekspresi model terbaik. Tidak pusing dengan berbagai penyetelan di kamera.
Portrait Mode di Galaxy S22 Ultra 5G didukung dengan AI Stereo Depth Map. Gunanya untuk menampilkan subyek lebih baik dengan bokeh mumpuni, serta detail-detail terkecil yang tajam dan jernih dibantu algoritma AI.

Risiko memotret dalam kondisi cahaya minim hanya dua: foto tidak fokus dan noise (bintik atau butiran warna mengganggu). Dua hal tersebut seolah tidak terasa saat memakai mode Portrait di Galaxy S22 Ultra 5G.

4. Manfaatkan Lensa Wide, Tele, dan Zoom
Pengguna Galaxy S22 Ultra 5G memiliki keleluasaan untuk memotret dari banyak angle. Caranya, memanfaatkan kamera utama 108 MP, ultra-wide 12 MP, atau dua kamera tele 10 MP. Terkadang hasil foto dramatis muncul tidak sengaja.

Manfaatkan juga kemampuan zoom dari sistem Dual Tele Zoom Galaxy S22 Ultra 5G, yang bisa menghasilkan 3 hingga 10 kali optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke obyek foto. Bahkan teknologi Super Resolution mampu menjangkau teknologi zoom hingga 100 kali dengan kualitas gambar yang tetap baik. Tipsnya, ambil foto sebanyak mungkin, manfaatkan momen yang tidak terulang.

5. Pro Mode
Jika punya banyak waktu, silahkan bereksperimen menggunakan Pro Mode. Caranya, atur bukaan, ISO, hingga kecepatan shutter sesuai keinginan. Ingin gambar yang lebih terang dan detail, atau sedikit gelap, tapi dramatis.
Sesuaikan juga white balance kamera untuk membuat foto lebih hangat atau malah sejuk. Bahkan, jika perlu, atur fokus kamera secara manual.

3 dari 3 halaman

6. Optical Image Stabilization

hasil

©2022 Merdeka.com


Fitur Super Steady System akan memudahkan pengguna membuat video sinematik yang tidak goyang/shaky. Sementara untuk pemotretan, fitur Optical Image Stabilization (OIS) menjaga hasil foto mobil dan model tetap fokus meski kondisi pencahayaan rendah dan jernih. Sehingga, kamera bisa menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya.

7. Expert RAW
Tidak ada salahnya menggunakan format foto RAW (16 bit) untuk memotret. Memang file fotonya lebih besar. Tapi pengguna bisa mendapat kontrol penuh dalam saat mengedit foto. Sebab, format foto RAW merekam lebih banyak data.

Selanjutnya, foto RAW bisa langsung diedit di Galaxy S22 Ultra 5G, menggunakan aplikasi editing profesional seperti Adobe Lightroom. Aplikasi tersebut terintegrasi dalam fitur Expert RAW. Hal ini menciptakan pengalaman layaknya menggunakan DSLR dan memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih terhadap proses kreatif fotografi.

8. Merekam dengan Super Night Resolution
Jika ingin membuat video untuk TikTok atau Instagram Reels di kondisi low light, Super Night Resolution di Galaxy S22 Ultra 5G akan meningkatkan FPS dan shutter speed. Tentu sambil menyesuaikan kondisi cahaya untuk mendapat tingkat kecerahan dan detail lebih baik di tiap video dengan menggabungkan berbagai frame untuk mendapat resolusi lebih baik.

9. Multi Object Tracking
Selain itu, teknologi Multi Object Tracking yang didukung auto frame rate yang lebih besar mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam frame dengan fokus lebih cepat di kondisi low-light sekalipun. Dukungan sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI, membuat fokus lebih cepat. Ini sebabnya video yang direkam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G siap untuk dibagikan ke media sosial tanpa perlu terlalu banyak diedit.

10. Hilangkan Obyek Mengganggu
Fitur unik lainnya adalah Object Eraser. Ketika mendapat ekspresi model dan angle yang pas, tapi latar belakang ada subyek manusia yangmengganggu. Maka Anda bisa memanfaatkan Object Eraser.

Caranya, masuk ke editing foto, sentuh Object Eraser, dan sentuh bagian yang ingin dihilangkan. Objek yang tidak diinginkan pun bisa dihilangkan dan foto menjadi epic.

Galaxy S22 Series 5G bisa didapat dengan harga mulai Rp 11,99 juta (S22 5G), Rp 14,999.000 (S22+ 5G), dan Rp 17,99 juta (S22 Ultra 5G).

[sya]

https://www.merdeka.com/teknologi/10-fitur-galaxy-s22-ultra-5g-ini-bikin-foto-mobil-dan-model-keren-meski-low-light.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/10-fitur-galaxy-s22-ultra-5g-ini-bikin-foto-mobil-dan-model-keren-meski-low-light.html
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Instagram, Samsung Electronics Indonesia, TikTok, Zoom,
ngos SEJUK,
topics Instagram Reels,
nations Indonesia,
brands Samsung,