Cek Riwayat Kesehatan Hewan Kurban Lewat Aplikasi e-Selamat

  • 27 Juni 2022 19:20:41
  • Views: 11

MerahPutih.com - Penyakit Mulut Kuku (PMK) masih mengincar hewan ternak, termasuk hewan kurban. Sehingga orang yang akan kurban harus jeli dalam memilih hewan kurban.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung telah melaksanakan vaksinasi untuk pencegahan Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan di Gang Lumbung 4, Babakan Ciparay, Senin (27/6).

Baca Juga:

Penanganan Wabah PMK, Kementan Ajukan Anggaran Rp 4,6 Triliun

Vaksinasi ini menyasar 66 sapi di lokasi tersebut. Jumlah itu merupakan sebagian dari total 200 vaksin yang diberikan di seluruh Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut, vaksinasi ini merupakan upaya pencegahan penularan PMK hewan di Kota Bandung. Ini vaksin itu prioritas untuk sapi yang akan dikembangbiakkan, katanya.

Menurut Yana, sapi yang akan dijadikan hewan kurban, proses pemeriksaan tetap dilakukan. Nantinya, hewan-hewan kurban ini akan diberi tanda pemindai (barcode) untuk dinyatakan kesehatannya.

Kalau tidak ada tanda barcode (di hewan kurban yang dijual) jangan dibeli karena kita tidak menjamin kesehatannya, katanya.

Yana menjelaskan sapi-sapi yang dijual untuk hewan kurban nantinya akan terdeteksi oleh aplikasi e-Selamat. Deteksi ini meliputi histori hewan kurban yang akan dijual.

Hal ini untuk memberi keyakinan kepada masyarakat Kota Bandung yang hendak membeli hewan kurban, katanya.

Lebih jauh, Yana meyakinkan, kasus PMK di Kota Bandung tergolong sangat rendah dan tingkat kesembuhannya tinggi.

Sementara itu, Manager CV Konitas Mandiri Satwa, H. Ojon memastikan, sapi-sapi milik mereka yang saat ini ada di kandang dalam keadaan sehat, walau pernah terpapar PMK.

Terdapat 10 ekor sapi yang sempat terpapar PMK. Namun, dalam dua pekan, sapi-sapi tersebut sudah dinyatakan sembuh. Faktornya banyak, bisa dari interaksi dengan manusia, sapi lagi, atau kendaraan. Tapi itu sudah sembuh semua, katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Politikus PKS Desak Jokowi Lakukan Langkah Konkret Kendalikan PMK


https://merahputih.com/post/read/cek-riwayat-kesehatan-hewan-kurban-lewat-aplikasi-e-selamat

Sumber: https://merahputih.com/post/read/cek-riwayat-kesehatan-hewan-kurban-lewat-aplikasi-e-selamat
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Yana Mulyana,
companies ADA,
ministries DKPP, Kementan,
parties PKS,
events vaksinasi,
products Hewan kurban, vaksin,
places JAWA BARAT,
cities bandung,
animals Sapi,